Home > Berita > Riau

Patut Bangga, Umri Peringkat Pertama PTS Terbaik di Provinsi Riau Versi Webometric

Minggu, 31 Januari 2021 22:10 WIB
Muhamad Maulana
patut-bangga-umri-peringkat-pertama-pts-terbaik-di-provinsi-riau-versi-webometricRektor Umri Dr H Mubarak MSi, (tengah), didampingi Wakil Rektor I Sri Fitria Retnawaty SSi MT dan Wakil Rektor II Bakaruddin SE MM di Pekanbaru, Sabtu (30/1/2021).

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Berita menggembirakan bagi mahasiswa dan dosen Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) Kota Pekanbaru datang dari lembaga pemeringkatan perguruan tinggi, Webometric. Lembaga ini memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas terbaik di dunia (World Class University.

Umri dinobatkan menjadi kampus swasta terbaik di Provinsi Riau berdasarkan versi Webometric. Hal ini disampaikan Rektor Umri, Dr H Mubarak MSi, didampingi Wakil Rektor (Warek) I, Sri Fitria Retnawaty SSi MT dan Warek II Bakaruddin SE MM, di Pekanbaru, Sabtu (30/1/2021).

"Alhamdulillah, Umri menjadi terbaik atau peringkat pertama di Provinsi Riau versi Webometrics untuk perguruan tinggi swasta, dan menjadi rangking kedua dalam lingkup LLDikti wilayah X (Riau, Sumatera Barat, Kepri dan Jambi)," ujar Sri Fitria

Dia menyebut, dalam jangka enam bulan penilaian Webometrics, yakni dari Juli 2020 ke Januari 2021, rangking Umri naik dari peringkat 223 menjadi 215 se-Indonesia. Berdasarkan peringkat nasional, dijelaskan Sri Fitria, UMRI naik peringkat bertengger diposisi 215 yang tadinya di urutan 223 (tahun 2020) se-Indonesia.

Dijelaskan Sri Fitria, indikator yang dinilai oleh Webometric salah satunya adalah back link websitekampus. Yakni, berapa banyak website umri.ac.id dicantumkan dalam portal-portal lainnya. ”Hal ini menjadi kriteria dengan penilaian terbesar,” katanya.

Indikator selanjutnya dilihat dari kunjungan web kampus. Selama ini, ujar Sri Fitria, UMRI memang memperbesar manfaat website kampus. Selama pandemi fungsinya dimaksimalkan. Selanjutnya, ada sitasi karya ilmiah dosen dan learning management system (LMS).

Sementara itu Rektor Umri Dr H Mubarak MSi mengatakan, di masa pandemi Covid-19 ini, UMRI juga fokus melakukan pengembangan teknologi informasi. Dia mengatakan saat ini ada 25 sistem yang dibangun untuk memberi pelayanan ke mahasiswa dan dosen. Dengan sistem ini, perkuliahan tetap jalan. ”Tak ada yang ditunda. Kuliah tetap jalan,” ucapnya.

Melalui ruang virtual itu, ditambahkannya, tetap akan ada yang mengawasi. Sehingga dipastikan dosen mengajar sesuai dengan tugasnya. Dengan cara ini, diharap mahasiswa tetap menerima pembelajaran sesuai dengan perencanaan.

"Untuk perkuliahan semester genap yang dimulai Maret tahun ini, kita akan menerapkan pola blended learning. Dengan pembagian 60 persen tatap muka dan 40 persen secara online. Namun, untuk pertemuan tatap muka harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan," sambungnya.

Warek II Bakaruddin menambahkan, di balik kegiatan akademik juga dikembangkan kegiatan non-akademik. Salah satunya, Umri terus menyempurnakan master plan pengembangan Umri di masa depan.

"Tahun ini Umri akan mengembangkan laboratorium untuk menunjang proses pembelajaran. Nantinya, Kampus I Umri di Jalan KH Ahmad Dahlan bakal dirancang menjadi laboratorium terpadu. Saat ini masih dirancang kesiapannya. Hal ini difokuskan agar mahasiswa tidak ada yang tak praktikum,” ujarnya. ***

Kategori : Riau, Umum
wwwwww