Home > Berita > Umum

Yayasan Amal Panglima Minal Peduli Pendidikan Anak Bengkalis Gelar Doa Selamat agar Berkah Jalankan Visi dan Misi

Yayasan Amal Panglima Minal Peduli Pendidikan Anak Bengkalis Gelar Doa Selamat agar Berkah Jalankan Visi dan Misi

Pembina Yayasan Amal Panglima Minal, Muhammad Fadhli, Jum'at (29/1/2021).

Jum'at, 29 Januari 2021 15:31 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Langit nan cerah pada Jum'at pagi, 29 Januari 2021 di Kota Bengkalis secerah hati masyarakat, terkhusus insan-insan yang berkumpul di rumah permanen yang terletak di Jalan Pahlawan, RT 01 RW 02 Kelurahan Bengkais Kota.

Rumah batu bercat putih yang persis berada di depan Kantor Pos dan Giro ini tengah melangsungkan kegiatan syukuran dan do'a selamat hadirnya Yayasan Amal Panglima Minal, sebuah yayasan yang bergerak di bidang sosial kemasyarakatan, khususnya pendidikan.

"Nama Yayasan Amal Panglima Minal kita angkat dari nama Panglima Minal, salah satu tokoh di Pulau Bengkalis. Dan di belakang kita adalah Rumah Belajar Pengulu Mat Yatim. Pengulu Mat Yatim adalah Penghulu Senggoro terdahulu penghulu kita termasuklah datok nenek moyang kami. Yayasan ini bergerak di bidang pendidikan, sosial dan kemasyarakatan," kata Pembina Yayasan, Muhammad Fadhli kepada potretnews.com, Jum'at (29/1/2021).

Di rumah ini tutur Muhammad Fadhli akan ada kegiatan belajar mengaji, les atau private khusus anak-anak SD, SMP dan SMA. "Masa pandemi Covid-19 ini kan kadang-kadang orang tua kewalahan. Anak-anak banyak tugas jadi kita siapkan Wi-Fi gratis, mereka bisa meng-upload segala macam tugas di internet secara gratis. Kedepannya, kita coba membuka les privat untuk masuk CPNS karena khusus di Pulau Bengkalis belum ada yang buka les ini. Termasuk juga les privat masuk IPDN. Kita lihat daya saing anak-anak Bengkalis di CPNS dan masuk IPDN masih lemah karena mungkin kurang persiapan makanya kita siapkan les privat ini. Ibarat pisau atau pedang jika selalu diasah akan semakin tajam. Mereka yang les privat mau ikut CPNS dengan sistem CAT dan IPDN nantinya akan siap supaya lolos tes CPNS atau IPDN ataupun supaya anak-anak kita punya kegiatan," ungkap Muhammad Fadhli yang saat ini Kepala Bagian Prokopim Setda Bengkalis.

Dalam hal les tadi, yayasan ini bekerjasama dengan les privat di Pekanbaru, 'Mudah-mudahan ini menjadi amal kita membantu masyarakat di sini bagi yang mau menjadi yang terbaik," harapnya seraya menambahkan di masa pandemi Covid-19 ini yayasan tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan menyiapkan cuci tangan dan masker bagi yang tidak punya untuk bisa belajar di sekretariat yayasan ini.

Ditambahkan Muhammad Fadhli, yayasan yang diketuai Husni Mubarak, dosen Politeknik Negeri Junjungan ini baru punya satu orang guru mengaji sedangkan guru mata pelajaran dalam waktu dekat akan melibatkan guru-guru yang baru diangkat yang tengah semangat-semangatnya mengajar, "Nanti kita minta konstribusinya untuk memberikan sumbangan pemikiran atau tenaganya untuk bekerjasama dengan kita. Kalau nantinya yayasan ini berkembang kita akan coba setiap jenjang pendidikan mulai SD, SMP dan SMA sehingga lengkap," ungkap Muhammad Fadhli.

Jadwal mengaji kala pandemi Covid-19 masih melanda sebut mantan Camat Bengkaljs ini pula, karena pagi hari anak-anak bersekolah maka jamnya dipisahkan antara putra dan putri. Untuk putri dilaksanakan pukul 14.30 sampai 16.00 WIB, "Atau 17.00 WIB kita sesuaikan nanti lihat kondisi atau jumlah anak-anaknya. Kalau putra kita laksanakan setelah Magrib dalam upaya memasyarakatkan Magrib Mengaji hingga Isya yang bisa lanjutkan kalau muridnya banyak. Insya Allah, pekan depan kita sudah mulai," tambahnya lagi.

Bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan anak-anak mereka dapat menghubungi CP Fendi 081365712706. "Kita sangat terbuka, siapa pun bisa mendaftar di sini kita layani. Mudah-mudahan, kedepannya kita mendapat dukungan dari pemerintah, masyarakat sehingga yayasan ini bisa berkembang dan betul-betul bermanfaat bagi masyarakat di Bengkalis ini," harap dan do'a Muhammad Fadhli di akhir wawancara.

Acara do'a selamat di yayasan yang memiliki 1 unit mobil Van untuk operasional ini dipimpin oleh H Ibnu Hajar yang juga melakukan pembacaan Tahlil Tahtim demi keberkahan yayasan dalam menjalankan misi dan visinya. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww