Home > Berita > Umum

FIB Unilak Gelar Berbagai Kegiatan Sempena Milad ke-36

FIB Unilak Gelar Berbagai Kegiatan Sempena Milad ke-36

Dekan FIB Unilak M Kafrawi.

Rabu, 16 Desember 2020 08:12 WIB
Gusti Herniyah

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Memeriahkan peringatan hari jadi atau milad ke-36 pada 17 Desember 2020, Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, Riau menggelar berbagai kegiatan.

Adapun acara yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan hari besar FIB di antaranya; webinar nasional, webinar internal, memberikan penghargaan kepada mantan dekan dan Dosen FIB, serta berbagai lomba film pendek dokumenter juga lomba fotografi.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya M Kafrawi mengatakan, senarai kegiatan yang dirancang dalam memperingati hari jadi FIB ini disesuaikan dengan kondisi Vovid-19 yang masih melanda negeri. Kegiatan-kegiatan dilakukan dengan tetap memberikan kemeriahan yang dapat dirasakan masyarakat namun berstandar masa pandemi.

”Seminar nasional tetap kita adakan seperti biasanya, namun dilaksanakan secara daring. Ini juga menjadi baik, karena dapat diikuti oleh siapa saja dari daerahnya masing-masing tanpa harus datang ke Pekanbaru ini. Webinar kita laksanakan gratis dengan ketentuan terlebih dahulu mendaftar di link yang telah diterakan. Peserta juga akan diberikan sertifikat elektronik sebagai ucapan terima kasih atas partisipasinya," kata Dekan yang juga merupakan seorang seniman.

Dijelaskan oleh Kafrawi, seminar nasional yang akan dilaksanakan pada 19 Desember 2020 nanti akan menghadirkan narasumber-narasumber yang berkompetensi. Selain menghadirkan Rektor Unilak Junaidi, juga mengundang budayawan Riau Taufik Ikram Jamil, akademisi budaya Universitas Gadjah Mada (UGM) Aprinus Salam dan Dekan FKIP Umrah Kepri Abdul Malik sebagai pembicara. Adapun tajuk webinar yang dibentangkan dari helad ini adalah ”Menyukat Peradaban Melayu di Era Teknologi Informasi”.

Sementara itu, webinar internal dilakukan dalam upaya membahas, mengoreksi dan menampung sumbang saran dalam perbaikan FIB Unilak ke depan. Tidak hanya menghadirkan kaprodi dan wakil dekan di lingkungan FIB Unilak, namun juga mengundang Ketua IKA FIB Unilak Safari Arriziq sebagai pembicara.

”Tidak hanya keluaran yang kita inginkan, namun juga masukan bagi perbaikan FIB Unilak ke depan. Salah satunya dari para alumni yang kini sudah berada di masyarakat. Apa yang dihadapi alumni adalah catatan yang harus FIB ambil dan cermati," ucap dekan.

Selain webinar, FIB Unilak juga memberikan penghargaan kepada tokoh-tokoh yang dinilai dituakan selangkah dalam perkembangan FIB selama ini. Penghargaan ini adalah untuk membangun silaturahmi bagi keluarga FIB Unilak saat ini dengan para tokoh-tokoh yang pernah berjasa berjuang di FIB Unilak.

”Tokoh-tokoh tersebut adalah Agustiar yang merupakan mantan Dekan FIB Unilak, lalu ada Sri Kirwati dan Syafruddin Saleh yang juga merupakan mantan dosen di FIB Unilak. Tentunya kalau hendak dirunut banyak lagi tokoh-tokoh yang berjasa dalam membesarkan FIB Unilak ini yang semula bernama Fakultas Sastra ini sejak 36 tahun lalu. Semoga dilain kesempatan kami bisa mengadakan silahturahmi seperti ini lagi,” tambah dekan.

Mengenai lomba, Kafrawi menjelaskan dilaksanakan dalam upaya meransang kreatifitas masyarakat. Meskipun masih berada di masa pandemi, kreatifitas harus tetap berjalan sebagaimana mestinya.

”Kita mengadakan lomba film pendek dokumenter dan lomba fotografi. Ini sebagai upaya kita meransang kreatifitas masyarakat. Jika pandemi banyak memberi hambatan bagi pelaku seni selama ini, semoga dengan adanya lomba ini memberi ruang berkreatifitas. Sebagai penghargaan kita juga menyediakan hadiah jutaan rupiah. Lomba boleh diikuti oleh berbagai kalangan yang berdomisi di Provinsi Riau. Juknis lomba dapat dilihat di instagram @fib.unilak dan facebook @Fakultas Ilmu Budaya Unilak," pungkas Kafrawi. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww