Home > Berita > Umum

Buaya Besar Terlihat Berjemur di Pinggir Sungai Bungus Kota Padang Bikin Heboh Warga

Buaya Besar Terlihat Berjemur di Pinggir Sungai Bungus Kota Padang Bikin Heboh Warga

Seekor buaya berjemur di Simpang Empat Bungus Barat, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Sabtu (12/12/2020)/ISTIMEWA

Senin, 14 Desember 2020 14:52 WIB
PADANG, POTRETNEWS.com — Warga yang tinggal di aliran sungai di jembatan Simpang Empat Bungus Barat, Kecamatan Bungus Telukkabung, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) kembali dibikin heboh dengan kemunculan seekor buaya yang lumayan besar tengah berjemur di bawah jembatan. Penampakan buaya tersebut sontak membuat warga sekitar waspada. Kemunculan buaya hari Sabtu (12/12/2020) lalu. Setelah sempat menghilang, Ahad (13/12/2020) pagi buaya kembali muncul.

"Kemarin terlihat lagi buaya pada pagi hari," kata Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Bungus Telukkabung, Syaffrudin, Senin (14/12/2020).

Syaffrudin menuturkan, buaya tersebut dilihat saat sedang berjemur di bawah jembatan. Saat buaya berjemur, terlihat jelas. Setelah itu buaya pun kembali ke air.

Bukan kali ini saja buaya muncul di Simpang Empat Bungus Barat, Kecamatan Bungus Telukkabung. Dua pekan lalu warga sekitar lokasi juga sudah melihat buaya. "Buayanya sudah besar dan diperkirakan panjangnya sekitar 4-5 meter di bawah jembatan saat sedang berjemur dekat lumpur di tepi sungai," kata Syaffruddin, melansir dari tribunnews.com.

Syaffruddin menuturkan warga pernah melihat sekitar 6 ekor buaya di sekitar sungai. Namun, pada hari ini hanya melihat seekor buaya yang sudah dewasa.

"Sebelumnya sudah pernah tertangkap buaya dengan ukuran kecil di aliran sungai itu juga, tapi arah ke bawahnya," katanya. Dikatakan Syaffruddin, dulu aliran sungai tersebut tidak ada buaya.

Namun, sejak air mulai keruh karena adanya masyarakat yang mengambil pasir, barulah ditemukan buaya yang muncul. "Dulu masyarakat ada mandi dan berenang di sungai, karena airnya jernih. Tapi sekarang airnya keruh, sedangkan biawak saja sudah tidak banyak di aliran sungai," katanya.

Ia menjelaskan, biasanya banyak terdapat biawak di aliran sungai dan badannya besar-besar. "Saat ini tidak ada aktivitas di aliran sungai karena airnya sudah keruh," pungkasnya. ***/Riau

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww