Home > Berita > Umum

Vaksin Covid-19 Diprioritaskan untuk Jawa dan Bali, Riau Tunggu Giliran

Vaksin Covid-19 Diprioritaskan untuk Jawa dan Bali, Riau Tunggu Giliran

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Mimi Yuliana Nazir.

Jum'at, 11 Desember 2020 17:38 WIB
Rachdinal

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Pemerintah pusat menetapkan pulau Jawa dan Bali sebagai prioritas dalam mendistribusikan vaksin Covid-19, lantaran kedua wilayah itu mengalami tingkat penyebaran virus corona yang tertinggi.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliana Nazir mengatakan, hingga kini Pemerintah Provinsi Riau masih menunggu petunjuk teknis (juknis) berkaitan dengan vaksinasi Covid-19.

”Masih kita tunggu juknisnya, kita juga belum tahu kapan Riau akan menerima vaksin tersebut, sedangkan vaksinasi tahap pertama akan dilakukan di pulau Jawa dan Bali, infonya sudah datang 1,2 jt dosis vaksin di Indonesia pada 6 Desember yaitu buatan Sinovac Life Science Corporate Limited,” kata Mimi kepada potretnews.com, Jumat (11/12/2020).

Mimi Yuliana Nazir menyebut, sebenarnya pemerintah pusat sudah mengamankan 3 juta dosis vaksin dari perusahaan asal Cina itu. ”Berdasarkan data dari pemerintah pusat, nanti sisanya sebanyak 1,8 juta dosis vaksin siap suntik akan tiba di Indonesia pada Januari 2021,” ujarnya.

Menurut Mimi, pelaksanaan vaksinasi akan dilaksanakan setelah Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menerbitkan izin penggunaan vaksin dalam keadaan darurat atau Emergency Use Authorization.

”Hingga saat ini BPOM masih melengkapi laporan uji klinis vaksin Sinovac untuk memastikan keamanan serta khasiat vaksin tersebut. Kalau sudah ada laporan uji klinis, maka pemerintah akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinik,” pungkasnya. ***

Kategori : Umum
wwwwww