Sosok yang Tahun 1989—1990 Pernah Lontang-lantung di Riau hingga Terserang Malaria Kalahkan Abang Kandung Bupati di Pilkada Simalungun

Sosok yang Tahun 1989—1990 Pernah Lontang-lantung di Riau hingga Terserang Malaria Kalahkan Abang Kandung Bupati di Pilkada Simalungun

Radiapoh Hasiholan Sinaga (kiri) dan Zonny Waldi/INTERNET

Jum'at, 11 Desember 2020 19:48 WIB

SIMALUNGUN, POTRETNEWS.com — Pengusaha sukses di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) keluar sebagai pemenang Pilkada Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara tahun 2020 versi hitung cepat.

Radiapoh merupakan putra asli kelahiran Tigarunggu, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara pada 18 Juni 1968. Tak hanya memiliki perusahaan di Kepri, aktivitas usaha Radiapoh Hasiholan juga merambah Pulau Kalimantan.

Radiapoh kecil merupakan anak keluarga petani pasangan St. Jahisar Sinaga (gelar Raja Angin) dan Almarhumah Korlina Br Saragih.

BERITA TERKAIT:

* Pernah Lontang-lantung di Kandis Siak Tahun 1989—1990 hingga Terserang Malaria, Radiapoh Sinaga Kini Bersaing Rebut Kursi Bupati Simalungun

Melansir dari tribunnews.com, pria yang akrab disapa RHS menempuh pendidikan di SD Negeri 01 Tigarunggu, SMP Negeri Tigarunggu dan Sekolah Menengah Teknologi Pertanian (SMTP) di Pamatangraya dan lulus pada tahun 1988.

Menyudahi pendidikan di SMTP Pematangraya, Radiapoh sempat bertani sambil mencari-cari pekerjaan. Dirinya sempat bekerja di peternakan ikan deras di Haranggaol, milik DR. Wimson F Purba, seorang pejabat kantor perwakilan PBB di Indonesia.

Tak berhenti di situ, Radiapoh muda juga sempat merantau ke Riau. Di provinsi ini pula, nasib malang masih dirasakan RHS yang hidup lontang-lantung, makan terancam dan tidur di gudang kosong atau emperan toko.

Radiapoh sempat bekerja dengan para perantau lainnya, membuka lahan perkebunan. Selama bekerja di hutan, RHS terserang penyakit Malaria Tropica akut, sehingga RHS hampir menyerah dengan kondisi tubuhnya yang melemah.

Atas saran teman-temannya, Radiapoh pun terpaksa pulang kampung ke Tigarunggu. Selama di kampung ini RHS menjalani perawatan hingga pulih dari sakit yang dideritanya.

Pada tahun 1990, Radiapoh mengajukan lamaran ke perusahaan milik DL Sitorus, PT. Torgamba dan diterima di bagian koperasi simpan pinjam, sekaligus sebagai pekerja di perusahan sawit tersebut. Ini menjadi titik mula Radiapoh belajar mengenal bisnis.

Sembilan tahun berselang, RHS berhenti berbisnis dan mendirikan usaha pertamanya, yaitu koperasi simpan pinjam kecil-kecilan di tempatnya yang baru, yakni Tanjungpinang di Pulau Bintan, Provinsi Riau (Kepri).

Pelan tapi pasti, usaha yang dijalankannya dengan ketekunan dan kerja keras itupun akhirnya membuahkan hasil dan berkembang pesat. Bisnis RHS pun berkembang ke perkebunan sampai properti.

Radiapoh memiliki istri, Ratnawati Br. Sidabutar, yang dinikahinya pada tahun 1993. Bersama Boru Sidabutar itu, ia dikaruniai tiga anak perempuan dan seorang laki-laki.

Pencalonan sebagai Bupati Simalungun
Setahun jelang Pilkada Simalungun tahun 2020, elektabilitas Radiapoh Hasiholan Sinaga meningkat. Radiapoh yang berpasangan dengan Zonny Waldi, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumut akhirnya maju dengan nama pasangan RHS-ZW dan motto 'Rakyat Harus Sejahtera'.

RHS-ZW didukung oleh Partai Golkar (9 kursi) Hanura (4 kursi), PKS (2 kursi) Berkarya (1) dan Perindo (4 kursi). Artinya ia didukung 20 kursi dari 50 kursi DPRD Simalungun.

Dari LHKPN KPK RI, Radiapoh yang mendapat nomor urut 1 diketahui melaporkan harta kekayaannya pada 1 September 2020 dengan kekayaan mencapai Rp 11.083.426.058 (Rp 11,08 miliar).

Kekayaannya tergolong masih kalah dari cabup lainnya seperti Irjen Pol Purn Wagner Damanik (nomor urut 3) dan Muhajdin Nur Hasim (nomor urut 2)

Menang Pilkada versi Hitung Cepat
Pilkada serentak akhirnya dilaksanakan Rabu (9/12/2030) sore. Radiapoh Hasiholan Sinaga dan Zonny Waldi pun unggul jauh dari pesaing-pesaingnya versi Hasil hitung cepat Lembaga Survei Indikator pada pukul 16.06 WIB.

Meski suara masuk masih sebanyak 91,50 persen, RHS-ZW sudah unggul 15 persen dari paslon lainnya. Pasangan dengan motto ”Rakyat Harus Sejahtera” unggul 43,38 persen

Sementara paslon nomor 2 Muhajidin Nur Hasim - Tumpak Siregar (Hasim - TPS) meraih 21,25 persen.

Paslon nomor 3 Irjen Pol (Purn) Wagner Damanik - Abidinsyah Saragih (WD-Bisa) meraih 7,19 persen.

Terakhir paslon Nomor urut 4 Anton Achmad Saragih - Rospita Sitorus (HARUS) meraih 28,18 persen suara. Adapun Anton Saragih merupakam abang kandung bupati yang sedang menjabat saat ini, JR Saragih. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Politik
wwwwww