Tiga Kali Latihan, Kompang Yayasan Al-Amin Bengkalis Perlihatkan Kemajuan

Tiga Kali Latihan, Kompang Yayasan Al-Amin Bengkalis Perlihatkan Kemajuan
Rabu, 02 Desember 2020 20:38 WIB
Muhamad Maulana

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Melihat kemampuan grup Kompang Yayasan Al-Amin, Bengkalis Provinsi Riau saat acara pengukuhan Pengurus Gerakan Pramuka Bengkalis masa bakti 2020—2024 beberapa waktu lalu, membuat sineas ND Juaii M Usna untuk memberi ruang kepada para Pramuka Penggalang dan Penegak Gugus Depan (Gudep) Pondok Pesantren Al-Amin Putra 01.117 menerima ilmu seni menabuh kompang.

Ruang gerak dimaksud dengan menemukan guru Kompang Nurul Fajar Dusun Pelimau Desa Sebauk dengan Kepala SMA Al Amin, Edi Afrizal dengan kesepakatan latihan setiap Rabu petang, pukul 13.30 WIB.

"Selanjutnya setelah anak-anak kami mengikuti latihan kompang yang dikasih Pak asral, kita ada kegiatan Pramuka PA (Perkemahan Akhir Tahun) akhir bulan ini dan Insya Allah kita akan mengundang Kakwarcab Bengkalis untuk membuka perkemahan itu nanti," kata Kepala SMA Al Amin, Edi Afrizal kepada potretnews.com, Rabu (2/12/2020).

Seramai 115 Pramuka Penggalang dan Penegak serta 25 guru di yayasan ini serta undangan lainnya akan menyaksikan tabuhan kompang para pelajar yang tinggal berasrama penuh di sekolah yang beralamat di Jalan Antara tersebut. Hari ini merupakan Rabu ketiga anggota grup kompang tadi menerima pelajaran.

"Alhamdulillah, anak-anak kami menerima materi dengan baik apa yang disampaikan Pak Asral dan mengikuti arahan-arahannya. Kemudian, mungkin ada pukulan-pukulan yang baru yang bisa mereka latih terus sehingga bunyi kompang itu lebih baik dan lebih enak didengar. Yang selama ini mungkin anak-anak kami ini hanya latihan pukulan yang biasa saja. Alhamdulillah, dalam latihan tiga kali ini anak kita ada perkembangan dalam memukul dan memainkan kompang,” ujarnya.

Pantauan di lapangan, 12 pelajar tadi terlihat serius menabuh kompang sesuai petunjuk dari Asral yang akrab disapa Yai sang guru yang telah sampai ke Sabang, Provinsi DI Aceh pada Maret 2019 kemarin. Ditambahkan Edi Afrizal, kendala yang dihadapi anak-anaknya adalah saat mereka ada kegiatan lain dan Izin pulang ke rumah atau sedang demam.

"Untuk sementara anak-anak yang ada aja yang ikut latihan. mudah-mudahan dengan adanya latihan ini selain untuk persiapan perkemahan tadi dan kegiatan lainnya, ini bisa juga kita tawarkan kepada orang tua wali santri yang mengadakan acara di rumah, Insya Allah akan kita tawarkan kepada para orang tua wali santri tadi untuk bisa menampilkan grup kompang kami di acara mereka," pungkas Edi Afrizal dengan maksud promosi di akhir wawancara. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww