Harus Benar-Benar Sehat, Pengawas TPS di Riau Akan Diganti jika Dua Kali Rapid Test Tetap Reaktif

Harus Benar-Benar Sehat, Pengawas TPS di Riau Akan Diganti jika Dua Kali <i>Rapid Test</i> Tetap Reaktif

Ilustrasi/INTERNET

Minggu, 29 November 2020 11:16 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Sebanyak 3.359 Pengawas Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sembilan pilkada di Riau telah melakukan rapid tes. Hal itu dilakukan untuk memastkan para pengawas benar-benar sehat. Karena bila hasilnya dua kali reaktif, maka akan diganti.

Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau Bidang SDM, Hasan mengatakan, saat ini seluruh kabupaten dan kota sudah melaksanakan rapid tes terhadap Pengawas TPS.

”Paling hanya beberapa kecamatan di Rokan Hilir. Hasilnya rata-rata belum keluar karena tim medis hanya ngambil sampel saja dulu," ujar Hasan.

Hasan mengatakan bagi yang hasil rapid tesnya nanti positif atau reaktif maka akan dilakukan rapid tes ulang, apabila reaktif lagi maka akan langsung diganti petugasnya.

"Kalau ada Pengawas TPS reaktif maka dilakukan isolasi dan Rapid tes kedua pada 3 Desember 2020, dan apabila tetap reaktif, maka dilakukan penggantian," ujar Hasan, melansir dari tribunnews.com.

Diakui Hasan saat ini dari hasil yang sudah keluar sementara ada beberapa pengawas TPS yang hasil rapid tes nya reaktif, saat ini sudah menjalani isolasi dan nanti pada 3 Desember 2020 akan kembali jalani rapid.

"Dia masih reaktif belum positif, karena belum menjalani uji swab, mereka ini aka ikut Rapid lagi nanti 3 Desember," jelas Hasan.

Selain Pengawas TPS, Pengawas di Kelurahan juga menjalani rapid tes dan bagi yang reaktif akan menjalani isolasi juga. Tidak hanya itu petugas penyelenggara di TPS juga sudah mulai menjalani rapid tes dari hasil sementara sudah ada juga yang reaktif. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Politik, Riau
wwwwww