Home > Berita > Rohil

Nikmatnya Ondang Koang, Masakan Khas Kabupaten Rokan Hilir

Nikmatnya <i>Ondang Koang</i>, Masakan Khas Kabupaten Rokan Hilir

”Ondang koang”, masakan khas Kabupaten Rokan Hilir.

Minggu, 22 November 2020 08:12 WIB
Anggi Dwi Safitri

ROKAN HILIR, POTRETNEWS.com — Sebagai daerah yang pernah berada di posisi sebagai penghasil perikanan terbesar ke-2 di dunia setelah Norwegia, ragam kuliner yang ada di Rokan Hilir (Rohil), Riau, juga kaya akan makanan lautnya.

Salah satu makanan khasnya adalah Rendang Kerang, atau masyarakat setempat sering menyebutnya dengan ondang Koang.

Ondang koang adalah masakan khas Rohil yang berbahan dasar kerang dara segar yang dibuang kulitnya lalu diolah dengan bumbu-bumbu khas Bagansiapiapi. Dengan rasanya yang khas mampu memanjakan lidah siapa saja yang mencicipinya.

Sarinah, salah satu penduduk asli Bagan Siapiapi menuturkan bahwa ondang koang adalah masakan khas yang sudah ada sejak zaman leluhurnya dulu. "Ondang koang_ iko makanan khas dai jaman tetuo kami dulu," ungkap Sarinah kepada potretnews.com, baru-baru ini.

Dia berharap masakan serta kebudayaan yang ada di Rohil tetap dilestarikan, dan bagi generasi muda asli Rohil agar tidak malu dalam memperkenalkan kebudayaan yang ada di Rohil dengan masyarakat luar.

Sebonanyo (sebenarnya), anak-anak mudo-lah yang harus mengonalan kebudayaan Rohil ko, usah malu mengonalan samo uang-uang lua (jangan malu mengenalkan kepada orang luar). Iko budayo kito, harus kito pulo yang menjago sesamo (ini budaya kita, harus kita pula yang menjaganya)," ujarnya. ***

Kategori : Rohil, Umum
wwwwww