Pekanbaru Punya Lab Uji Swab Covid-19 Sendiri, tak Perlu Lagi Antre di RSUD Arifin Achmad

Pekanbaru Punya Lab Uji Swab Covid-19 Sendiri, tak Perlu Lagi Antre di RSUD Arifin Achmad

Gambar hanya ilustrasi/KOMPAS.com

Senin, 16 November 2020 15:26 WIB
Rachdinal

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru menargetkan laboratorium (lab) biomolekuler untuk menguji swab pasien Covid-19 secara mandiri bisa beroperasi dalam beberapa hari ke depan. Selama ini, pemkot ”bergantung” dengan hasil lab polymerase chain reaction (PCR) di RSUD Arifin Achmad Riau.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Rizaldy Saragih Senin (16/11/2020) pagi mengatakan, persiapan lab tersebut tinggal sedikit lagi rampung. Saat ini pemkot sedang menggesa agar lab PCR bisa digunakan dalam pekan ini.

”Targetnya minggu ini sudah bisa beroperasi. Jumlahnya ada 3 unit berkapasitas 1000 sample per hari. Kita berharap pemeriksaan sampel swab bisa lebih cepat agar dapat diketahui sejauh mana penularan Covid-19 di Kota Pekanbaru,” ujar dia kepada potretnews.com.

Inovasi pemkot dalam upaya menekan angka penyebaran Covid-19 di kota ini dipastikan Rizaldy berpedoman atau sesuai petunjuk teknis yang dikeluarkan Kementerian Kesehatan RI.

”Saat ini Kota Pekanbaru masih masuk zona orange . Kita tetap fokus menekan angka penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru. Mudah-mudahan kasus positif tidak bertambah dan perlahan turun sampai akhirnya hilang,” tutur pria yang akrab disapa Dokter Bob ini sembari menyebut laboratorium biomolekuler akan ditempatkan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Madani Pekanbaru di Jalan Garuda Sakti Km 2 Kecamatan Tampan. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww