Home > Berita > Umum

Ketat dan Sempat Imbang, Hasuna Damanik Terpilih sebagai Ketua PWI Simalungun Sumut dengan Selisih 1 Suara

Ketat dan Sempat Imbang, Hasuna Damanik Terpilih sebagai Ketua PWI Simalungun Sumut dengan Selisih 1 Suara

Hasuna Damanik menerima bendera pataka dari Ketua PWI Sumut Hermansjah/ISTIMEWA

Jum'at, 13 November 2020 17:35 WIB
Gusti Herniyah

PEMATANGSIANTAR, POTRETNEWS.com — Hasuna Damanik terpilih menjadi Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Simalungun Sumatra Utara (Sumut) pada konferensi kabupaten (konferkab) III yang digelar Jumat (13/11/2020).

Anggota biasa Wartawan Harian Waspada ini terpilih setelah melalui proses pemungutan suara hingga dua kali. Hasuna mendapatkan 13 suara, sementara pesaingnya Hasudungan Siahaan meraih 12 suara.

”Saya berterima kasih atas pemberian amanah ini. Di sini tidak ada pemenang. Semuanya demi PWI untuk lebih baik di masa mendatang. Program PWI tidak bisa berjalan kalau hanya pengurus saja bekerja. Untuk itu perlu sinergi dari kita semua. Dengan segala hormat, saya mohon dukungan dari seluruh pengurus demosioner dan anggota untuk membesarkan organisasi kita ini,” tutur Hasuna saat diminta memberikan kata sambutan kepada seluruh peserta pemilik suara.

Sebelumnya, konferensi yang diselenggarakan di Hotel Sing A Song Jalan Sang Naualuh Pematangsiantar, pagi hingga siang berlangsung alot. Pada saat penjaringan hanya dua bakal calon (bacalon) yang masuk dengan perolehan suara cukup signifikan. Sesuai aturan, calon yang ditetapkan sebagai ketua terpilih perolehan suaranya harus mengantongi suara minimal 50+1 persen.

Setelah diverifikasi, kedua bacalon ditanya kesediaan. Hasuna dan Hasudungan menyatakan bersedia dicalonkan. Oleh presidium sidang yang berasal dari PWI Sumut masing-masing; Khairul Muslim, Edward Thahir, dan Rizal R Surya, keduanya lantas disahkan sebagai calon. Pemungutan suara pun dimulai.

Saat surat suara dibuka, kedua calon saling berkejaran dan beberapa kali perolehan suaranya seri atau imbang Hingga surat suara ke-24 dibuka, raihan suara mereka sama-sama 12. Ketika suara terakhir dibuka, tertulis Hasudungan dengan embel-embel ”Yes”. Melihat itu, pendukung Hasuna spontan protes dan mengusulkan surat suara terakhir dibatalkan karena tata tertib telah menyepakati bahwa penulisan nama calon tidak boleh disertai diksi lain.

Oleh presidium sidang, usulan peserta diterima. Karena suara kedua calon sama, maka kembali dilakukan pemungutan suara. Hampir sama dengan yang pertama. Perolehan suara kedua calon lagi-lagi ketat dan beberapa kali seri. Namun, kali ini, Hasuna unggul 1 suara dengan perolehan suara 13, sementara Hasudungan 12 suara.

Ketua PWI Sumatra Utara Hermansjah dalam sambutannya sebelum menutup acara konferkab III menyampaikan selamat kepada ketua terpilih. Dia berharap pengurus baru dan anggota PWI Simalungun tetap solid untuk membesarkan organisasi kewartawan tertua di Indonesia ini

Adapun komposisi Pengurus PWI Kabupaten Simalungun periode 2020—2023 yakni; Penasihat masing-masing; Efendi Damanik, Alpines Marbun, dan Fery Sinamo (Simantab).

Ketua Hasuna Damanik, Sekretaris Tumpak Panjaitan, dan Bendahara Gusnir Wahab Chaniago.

Wakil-Wakil Ketua; Waristo, Akham Sophian, Jonson Situmeang, RS Sasongko, dan Hasudungan Siahaan. Sedangkan Wakil Sekretaris Syahru Imran Silitonga. ***

Kategori : Umum
wwwwww