Home > Berita > Umum

Rute Lintas Sumatra Menuju Riau Sudah Sangat Padat, Jalur KA Padang-Padangpanjang di Lembah Anai Diminta Diaktifkan

Rute Lintas Sumatra Menuju Riau Sudah Sangat Padat, Jalur KA Padang-Padangpanjang di Lembah Anai Diminta Diaktifkan

Ilustrasi/INTERNET

Kamis, 12 November 2020 10:17 WIB

PADANG, POTRETNEWS.com — Kementerian Perhubungan diharapkan kembali mengaktifkan jalur Kereta Api (KA) Padang—Padangpanjang di Lembah Anai untuk mengurangi kemacetan di jalan raya.

”Jalur KA dari Kayu Tanam hingga Padangpanjang selama ini menjadi kendala dalam proses reaktivasi karena tingkat kemiringannya yang curam. Tapi kalau jalur ini tembus, akan sangat besar manfaatnya," kata Kepala Dinas Perhubungan Sumbar, Heri Nofiardi, Rabu (11/11/2020)

Ia mengatakan usulan untuk reaktivasi jalur sulit itu sudah disampaikan ke Kemenhub sejak 2017. Kajian untuk rencana aktivasi juga sudah pernah dilakukan. Namun hingga saat ini prosesnya belum berjalan.

Heri menyebut jalur di Lembah Anai itu memang istimewa. Saat dibangun Belanda sebagai sarana transportasi bagi batu bara dari Sawahlunto, jalur itu dilengkapi dengan rel bergigi yang hanya bisa dilewati oleh lokomotif khusus.

Saat ini pabrik lokomotif bergigi itu sudah tidak ada lagi sehingga kereta yang bisa melewati jalur itu juga sudah tidak ada.

"Ada rencana untuk memodernisasi sistem jalur itu. Namun karena jalur kereta api itu sudah masuk dalam rangkaian situs Warisan Budaya UNESCO Tambang Batu bara Ombilin Sawahlunto, ada kendala tersendiri pula," ujarnya, melansir medcom.id.

Namun ia menilai jika jalur itu bisa diaktifkan kembali, jalur ke Padang—Padangpanjang—Bukittinggi hingga Payakumbuh, kemudian jalur Padang—Padangpanjang—Solok terus ke Sawahlunto dan Sijunjung juga bisa diaktifkan.

"Ini akan bisa mengurangi kendaraan di jalan raya karena konsentrasi terpecah ke transportasi KA," lanjut dia.

Saat ini jalur lintas Sumatra yang melintasi Padang—Padangpanjang—Bukittinggi—Payakumbuh terus ke Riau sudah sangat padat, terutama waktu libur hari-hari besar atau Lebaran. Saat Lebaran, jarak 120 kilometer dari Padang ke Payakumbuh terpaksa harus ditempuh sampai 12 jam karena macet parah. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww