Dinas PUPR Pekanbaru Ungkap Faktor Penyebab Banjir di Rumbai Pesisir

Dinas PUPR Pekanbaru Ungkap Faktor Penyebab Banjir di Rumbai Pesisir

Pekerja dari Dinas PUPR Pekanbaru menormalisasi saluran air.

Jum'at, 06 November 2020 15:36 WIB
Rachdinal

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Peralihan musim dari cuaca panas berganti musim penghujan ditambah lagi buruknya sistem drainase, menjadi salah satu penyebab terjadinya banjir di beberapa kawasan di Kota Pekanbaru, Riau.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan, pada Selasa (3/11/2020) malam dia meninjau beberapa titik kawasan banjir yang ada di kota ini.

”Saya juga singgah di Jalan Telukleok yang berada di Rumbai Pesisir. Kita mau tahu apa penyebabnya. Ternyata setelah ditelusuri, banjir di kawasan itu dikarenakan drainase yang perlu dinormalisasi,” ucapnya ke potretnews.com, Jumat (6/11/2020).

Sementara itu, Kepala Bidang Sumber Daya Air PUPR Kota Pekanbaru, Hendro Latif mengungkapkan penyebab lain yang membuat beberapa titik di wilayah Rumbai Pesisir kerap terjadi banjir. Apa itu? Kata Hendro, ada beberapa tempat di kawasan itu posisinya di dataran rendah dan banyak bangunan/pondok yang berdiri di atas saluran drainase.

”Selain curah hujan cukup tinggi ditambah intensitas yang lama, ada beberapa kawasan merupakan dataran rendah. Kemudian drainase juga tidak cukup menampung air hujan serta banyak sedimen dan sampah. Kita juga menemukan bahwa di atas saluran drainase di Jalan Sembilang banyak bangunan atau pondok sehingga menganggu aliran air,” bebernya.

Walau begitu, imbuh Hendro, Pemerintah Kota Pekanbaru melalui Dinas PUPR tetap berupaya keras mencegah datangnya banjir pada saat hujan, dengan menormalisasi drainase di beberapa kawasan. ”Drainase yang berada di Jalan Telukleok dan sekitarnya akan dinormalisasi. Kita sudah menerjunkan pasukan kuning untuk membersihkan sedimen dan sampah di sepanjang drainase,” ujarnya.

Pada bagian lain Hendro meminta pihak kelurahan agar melaporkan secepatnya kondisi drainase di wilayah masing-masing guna dilakukan normalisasi mengantisipasi terjadinya banjir.

”Kepada seluruh warga Kota Pekanbaru kita juga mengimbau agar tidak membuang sampah sembarangan dan ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan drainase di sekitar rumahnya dengan bergotong royong,” tutur Hendro. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww