Home > Berita > Riau

Masuk Wilayah NTT ”Diam-Diam”, Pasangan Suami Istri dari Riau Tularkan Virus Corona ke Kerabat saat Makan Bersama

Masuk Wilayah NTT ”Diam-Diam”, Pasangan Suami Istri dari Riau Tularkan Virus Corona ke Kerabat saat Makan Bersama

Ilustrasi/KOMPAS.com

Rabu, 04 November 2020 10:29 WIB

SOE, POTRETNEWS.com — Masih saja ada warga yang mengabaikan imbauan pemerintah demi menurunkan kasus virus corona atau Covid-19. Dua pelaku perjalanan dari Riau dilaporkan masuk Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) tanpa melapor ke petugas setempat alias ”diam-diam”.

Akibatnya, seorang warga Kota Soe NTT berinisial IRB dinyatakan terkonfirmasi virus corona a usai makan bersama SMA dan NWBN, dua pelaku perjalanan dari Riau itu. Mereka ini (SMA dan NWBN) diketahui merupakan pasangan suami istri.

Mengantisipasi bertambahnya kasus positif, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), dr. Irene Atte menghimbau kepada masyarakat Kabupaten TTS yang baru datang dari luar daerah maupun warga luar yang datang ke Kabupaten (pelaku perjalanan) agar melaporkan diri kepada petugas kesehatan di puskesmas atau melaporkan diri kepada pemerintah desa/kelurahan atau kecamatan.

Hal ini agar pelaku perjalanan bisa didata dan dikontrol oleh tim gugus tugas. ”Bagi semua pelaku perjalanan harus melaporkan diri kepada petugas kesehatan dan pemerintah tingkat desa/kelurahan saat tiba di Kabupaten TTS sehingga bisa didata," imbaunya.

Dokter Irene Atte mengatakan, saat ini Kabupaten TTS kembali masuk zona merah setelah tiga warganya diketahui positif terpapar virus Corona.

Dijelaskan, SMA dan NWBN merupakan pelaku perjalanan dari Riau yang masuk ke Kabupaten TTS tanpa melaporkan diri, baik kepada petugas kesehatan di Puskesmas maupun pemerintah tingkat Desa/Keluruhan atau Camat.

Saat tiba di Kabupaten TTS, pasangan suami istri ini menyempatkan diri makan malam bersama IRB. ”Saat makan malam inilah IRB terpapar virus Corona dari pasangan suami-istri tersebut,” ungkapnya, melansir tribunnews.com.

IRB saat ini sudah dirawat di ruang incubasi, RSUD Soe karena memiliki komorbid, penyakit jantung. IRB Sempat hendak dirujuk ke RSUD Prof. Johannes Kupang namun karena kamar masih penuh, rencana tersebut urung terwujudnya.

Sementara pasangan suami-istri, SMA dan NWBN melakukan isolasi mandiri di Desa Tubuhue. ”Karena memiliki komorbid maka IRB dirawat di RSUD Soe, sedang dua pasien lainnya yang kondisinya stabil melakukan isolasi mandiri," jelasnya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Umum
wwwwww