Home > Berita > Umum

Kepala Rudenim Pekanbaru: Pengungsi tak Hanya Ditangani Imigrasi

Kepala Rudenim Pekanbaru: Pengungsi tak Hanya Ditangani Imigrasi

Ilustrasi/KOMPAS.com

Rabu, 04 November 2020 13:32 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Kepala Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Kota Pekanbaru, Riau, Yanto Ardianto mengatakan, persoalan tempat tinggal pengungsi bahkan soal pemindahan bukan permasalahan yang hanya ditangani pihaknya.

Dia mengingatkan, berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 125 Tahun 2016 tentang Penanganan Pengungsi dari Luar Negeri, persoalan pengungsi tak lagi hanya menjadi ranah keimigrasian.

”Perpres itu membahas tentang penanganan pengungsi dari luar negeri. Di dalamnya dibahas kalau kepolisian dan TNI bertanggung jawab atas keamanan, penampungan pengungsi diserahkan ke pemerintah daerah, dan untuk pengawasan itu imigrasi," kata Yanto menjawab potretnews.com, Selasa (3/11/2020).

Terkait Community House (CH) di Hotel Satria untuk para pengungsi yang sudah over kapasitas, Pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Pekanbaru untuk mencarikan tempat penampungan baru bagi para pengungsi.

”Bapak Wali Kota Pekanbaru sudah menyikapi hal ini. Beliau juga sudah mencarikan tempat baru untuk pengungsi yaitu di Wisma Nevada. Namun karena ada adanya penolakan dari masyarakat, para pengungsi tidak jadi dipindahkan,” ungkapnya.

Yanto juga menyampaikan setelah adanya gejolak serta penolakan dari masyarakat, saat ini Pemkot Pekanbaru sedang mencarikan tempat lain untuk para pengungsi.

”Kami dari Imigrasi dan pihak kepolisian pada saat ada penolakan dari masyarakat langsung cepat menemui pak Wali (kota). Mungkin hal ini karena ada informasi yang salah diterima oleh pak Wali pada saat menentukan tempat penampungan baru. Alhamdulillah beliau langsung merespons dengan baik lalu menginstruksikan kepada Kesbangpol segera mencarikan tempat lain dan memastikan tempat tersebut aman serta tidak ada penolakan dari masyarakat,” ucap Yanto.

Sedangkan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanbaru, Zulfahmi saat dihubungi potretnews.com pada Rabu (4/11/2020) mengemukakan, Wali Kota Pekanbaru sudah memberikan beberapa saran serta masukkan kepada Kesbangpol, Rudenim, dan pihak-pihak terkait apakah benar ada masyarakat yang menolak atau hanya beberapa oknum saja.

”Ketika Kepala Rudenim bertemu Bapak Wali Kota Pekanbaru (Firdaus), ada beberapa saran yang disampaikan beliau kepada pihak Rudenim antara lain; berkoordinasi dengan RT, RW, lurah, dan camat, terkait pencarian tempat penampungan baru. Tujuannya agar memastikan tidak ada lagi gejolak serta penolakan dari masyarakat,” ujar Zulfahmi. ***

Kategori : Umum
wwwwww