Home > Berita > Dumai

Adhi Karya Mulai Alirkan Air Bersih ke Pelanggan di Dumai

Adhi Karya Mulai Alirkan Air Bersih ke Pelanggan di Dumai

Ilustrasi/INTERNET

Senin, 02 November 2020 13:48 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Kolaborasi PT Adhi Karya (Persero) dengan PT Adaro Tirta Mandiri berhasil membentuk kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) dengan melahirkan PT Dumai Tirta Persada (DTP). DPT akan menyediakan air minum untuk wilayah Dumai, Provinsi Riau.

Corporate Secretary Adhi Karya Parwanto Noegroho mengatakan, kerja sama dilakukan bertepatan dengan Hari Peringatan Sumpah Pemuda ke-92. Kerja sama yang meliputi perbaikan pengadaan dan distribusi air minum di daerah Dumai, Provinsi Riau ini mulai menuai hasil manisnya.

”DTP berhasil melakukan pengaliran air minum pertamanya," ujar Parwanto dalam siaran pers di Jakarta, Senin (2/11/2020), melansir republika.co.id.

Parwanto menyebut seremoni pengaliran pertama ini dilakukan di kantor Instalasi Pengolahan Air (IPA) DTP menuju Masjid Nurul Yaqin. Kegiatan dipimpin oleh Walikota Dumai Zulkifli AS bersama Direktur DTP M Arief Taufiqurrahman.

Parwanto mengatakan, proses ini menandakan telah tersedianya fasilitas Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Tahap I-A.

Pada tahap ini, debit air yang dialirkan ke permukiman warga sebanyak 50 liter per detik (lpd). Secara bertahap, aliran ini akan ditambahkan hingga mampu mengalirkan sebanyak 250 lpd sampai 450 lpd. Tahap I-A direncanakan mampu mengaliri air untuk 4000 sambungan rumah dan industri.

Dengan slogan air untuk kehidupan yang lebih baik, ucap Purwanto, DTP diharapkan akan membantu masyarakat Dumai menikmati air bersih yang telah lama didambakan.

Oleh karena itu nantinya, DTP akan menyiapkan infrastruktur IPA, serta mengoperasikan SPAM yang mampu mengaliri air untuk 20.300 sambungan rumah dan industri di Dumai.

"Dengan infrastruktur ini, DTP ke depan, juga akan memberikan kontribusi recurring income kepada Adhi selaku induk perusahaan,” ujar Parwanto menambahkan. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Dumai, Umum
wwwwww