Sate Sakijing BC Olahan Pokja III Bandarlaksamana Bengkalis Juara I Launch Box

Sate Sakijing BC Olahan Pokja III Bandarlaksamana Bengkalis Juara I <i>Launch Box</i>

i>Pokja III Bandarlaksamana sang juara, Selasa, (13/10/2020).

Kamis, 15 Oktober 2020 15:37 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Kelompok Kerja (Pokja) III Kecamatan Bandarlaksamana Bengkalis Riau berhasil merebut juara pertama Lomba Cipta Menu Festival Pangan Lokal B2SA (beragam, bergizi, seimbang dan aman) kategori Launch Box tahun 2020.

Menu olahan yang berhasil merebut hati 3 dewan juri ini adalah Sate Sakijing BC sehingga mereka membawa pulang uang Rp2.000.000 pada Selasa, 13 Oktober 2020 saat lomba tajaan Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bengkalis ini digelar.

Ketua Pokja III Kecamatan Bandarlaksmana, Agustina dan seorang anggota pokjanya, Diah menyebutkan, kijeng yang mereka olah dicari di laut di daerah mereka.

Mule-mule kami mencaghi kijeng, lepas tu dighebus," sebut Diah yang dalam launch box menu mereka meramu pepes tahu. "Tahu itu dilumatkan dikasih bawang putih, bawang meghah. Dikasih gula sedikit, cabe, merica, sebijik telur, lepas tu dibungkus pakai daun mengkudu, lalu dikukus,” imbuhnya.

Selain juara launch box, Pokja III ini juga juara III kategori pangan lokal bernilai komersial. Chief Rudi, seorang juri mengakui dari tahun ke tahun, ibu-ibu peserta lomba semakin kreatif dan inovatif mengolah masakan.

”Jadi semakin berkembang, dari tahun ke tahun semakin bagus. Ini mohon ditingkatkan karena di sini Banyak bahan baku, tolong digali lagi, siapa tahu ada yang belum ketahuan ada yang bisa diolah menjadi makanan. Di sini kan ada sulur keladi yang sangat enak. Itu bisa ditingkatkan dan jadi juara nasional pada tahun kemarin,” ujar Rudi yang chief Hotel Pangeran Pekanbaru. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww