PotretNews.com Selasa 20 Oktober 2020

Bupati Bengkalis: Konsumsi Pangan Lokal Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Tangkal Covid-19

Bupati Bengkalis: Konsumsi Pangan Lokal Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Tangkal Covid-19
Rabu, 14 Oktober 2020 08:15 WIB

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Berbagai jenis makanan terhidang di atas 16 meja di sisi kiri dan kanan Balai Kerapatan Sri Mahkota, Jalan Antara, Bengkalis pada Selasa (13/10/2020).

Makanan-makanan juga minuman tadi merupakan hasil kreasi chief andalan 11 kecamatan di kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini yang tengah mengikuti Lomba Cipta Menu Festival Pangan Lokal B2SA sempena Hari Pangan se-Dunia (HPS) ke-40 yang ditaja Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Bengkalis.

Lomba dengan mengangkat tema ”Konsumsi Pangan Lokal B2SA Kita Tingkatkan Imunitas Tubuh untuk Menangkal Covid-19” yang bertujuan menurut Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Hj Herawati untuk meningkatkan pemahaman dan kreativitas peserta atau masyarakat dan ibu rumah tangga khususnya dalam menyusun serta menciptakan menu yang beragam, bergizi, seimbang dan aman sesuai dengan potensi sumber daya wilayah yaitu dengan memanfaatkan sumber makanan yang ada di sekitarnya atau disebut juga sumberdaya pangan lokal.

Selanjutnya, Penjabat Bupati Bengkalis H Syahrial Abdi dalam sambutannya pula memberi apresiasi setinggi-tingginya kepada petani/pelaku usaha pangan lokal yang menerima penghargaan Adhikarya Pangan Nusantara yang ditaja Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis dan Gerakan Diversifikasi Pangan Lokal oleh Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau.

”Konsumsi pangan berkualitas dapat diwujudkan apabila pola konsumsi makanan sehari-hari dilakukan secara tepat, mengandung zat gizi lengkap sesuai dengan kebutuhan tubuh dengan jumlah yang berimbang. Kepada kelompok pangan, diharapkan dapat mengatasi permasalahan gizi ganda yaitu kekurangan dan kelebihan gizi terutama dalam meningkatkan imunitas tubuh dalam menghadapi masa pandemi Covid-19 ini,” kata Syahrial Abdi.

"Untuk inovasi dan kreasi baru yang tentunya menjadi terobosan yang memberikan manfaat bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis kalau bisa dikenal di cakupan lebih luas tingkat nasional nantinya," harapnya.

Masih kata pj bupati yang baru memasuki pekan kedua memimpin kabupaten ini, kala pandemi Covid-19 melanda, ditakutkan beberapa negara melakukan penumpukan bahan pangan, begitu juga kekhawatiran di Indonesia, tetapi karena situasi ini banyak muncul inovasi pemanfaatan bahan pangan lokal. ”Inilah semangat dan cara kita mencegah ketika pandemi Covid-19 melanda kita," tuturnya.

Selanjutnya, Syahrial Abdi memandang keberadaan jalan tol Permai sepanjang 131 km yang mayoritas berada di Kabupaten Bengkalis, sangat disayangkan jika tidak dimanfaatkan. Ada 6 desa yang akan dikembangkan di sana. Kalau bisa itu menjadi outlet-nya Bengkalis, Meranti dan Dumai.

”Semoga senantiasa menjaga kekompakan dan mengikuti lomba masak sesuai dengan ketentuan panitia pelaksana,” harapnya.

Untuk kategori launch box, juara I diraih Kecamatan Bandarlaksamana, juara II Kecamatan Bukitbatu, dan juara III Kecamatan Bantan. Berikutnya kategori pangan lokal bernilai komersial, juara I diraih Kecamatan Mandau, juara II Kecamatan Bantan, dan juara III Kecamatan Bandarlaksamana.

Sedangkan untuk kategori olahan pangan lokal berbahan dasar sagu dengan juara I dari Kecamatan Mandau, juara II Mama’s Kitchen dari PPJI, juara III Kecamatan Rupat, harapan I Dapur Maisa dan Dapur KS dari Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP), harapan II dari Ikaboga, dan harapan III dari Kecamatan Bengkalis.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Kepala Dinas Pangan dan Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Riau Ir Syahfalefi, para pejabat pimpinan tinggi pratama, pejabat administrator dan pengawas di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Wakil Ketua III TP PKK Bengkalis H Akna Juita, para camat se-Kabupaten Bengkalis dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Bengkalis. ***

wwwwww