Home > Berita > Umum

Lezatnya Arsik Ikan Mas Khas Sumut, Diracik dengan Andaliman, Asam Cilaka, dan Kincung

Lezatnya Arsik Ikan Mas Khas Sumut, Diracik dengan Andaliman, Asam Cilaka, dan Kincung

arsik ikan mas.

Minggu, 11 Oktober 2020 09:21 WIB
Gusti Herniyah

MEDANI, POTRETNEWS.com — Di Indonesia banyak kuliner khas yang ditonjolkan dari daerahnya masing-masing. Tidak terkecuali daerah Sumatra Utara juga memiliki makanan khasnya tersendiri yaitu arsik ikan mas. Bahan dasarnya ikan mas yang dimasak dengan bumbu khusus dan cita rasa tinggi.

Kurnia, seorang nenek yang paham adat, bila di desa lebih dikenal dengan sebutan ”hatobangon” di Langgapayung, Kecamatan Sungaikanan, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara mengatakan arti kata ”arsik” itu adalah surut. Karena itu arsik ikan mas dimasak lama sampai kuahnya surut.

”Ikan mas arsik ini, tidak hanya diminati oleh orang sini saja, orang luar daerah Sumut juga banyak yg suka karena rasanya yang enak dan sedikit pedas," kata Kurnia kepada potretnews.com, baru-baru ini.

Kurnia mengatakan ada 4 bumbu khas yang ditonjolkan dari ikan arsik mas ini yaitu andaliman, asam cilaka, kincung dan bawang batak. Keempat bahan itu merupakan bahas utama pembuatan ikan arsik mas, meskipun ada beberapa rempah-rempah yang ditambahkan.

”Bukan cuman ikan mas aja yang di arsik, telur ikannya juga ikut di arsik. Karena ikan dan telurnya cocok dan memberikan sensasi yang berbeda saat dimakan,” ujarnya.

Kurnia menuturkan arsik ikan mas biasanya dimasak jika ada acara peringatan besar dan pesta. Saat itu, para warga desa akan memasak dan makan bersama, lalu memanjatkan doa syukur kepada Tuhan. *1

Kategori : Umum
wwwwww