Sejarah Baru, Kaderismanto Putra Rupat Pertama Menjadi Calon Bupati Bengkalis

Sejarah Baru, Kaderismanto Putra Rupat Pertama Menjadi Calon Bupati Bengkalis

Kaderismanto dan Sri Barat atau Iyeth Bustami.

Rabu, 07 Oktober 2020 19:24 WIB
Junaidi

RUPAT, POTRETNEWS.com — Tokoh pemuda Rupat, Herri Fahrani mengatakan, selama beberapa dekade terlaksananya Pemilihan Kepala Daerah (pilkada) Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau, belum pernah ada calon Bupati Bengkalis berasal dari Pulau Rupat.

Namun, sejarah baru di Pemilukada 2020 ini, seorang politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kaderismanto membuktikan mampu menjadi Calon Bupati Bengkalis dan ikut menjadi peserta kontestansi politik.

Herri mengatakan, ini adalah kali pertama seorang politisi berdarah Melayu Rupat dan besar di Batupanjang, Rupat ikut dalam bursa Pemilihan Bupati Bengkalis 2020. Tentu, peluang ini sangat dinantikan oleh masyarakat Pulau Rupat, terutama para nelayan, yang sehari-hari menggantungkan hidupnya di Selat Rupat.

Senada diutarakan Ketua Koalisi Rakyat KDI Misliadi,SHi, Selasa (7/10/2020). Dalam catatan sejarah Bengkalis, belum pernah ada putra Rupat maju di Pilkada Bengkalis. Paling banyak itu putra Pulau Bengkalis, yang sampai hari ini, belum ada yang pernah memenangkan Pilkada Bengkalis.

”Saya optimis, jika putra kelahiran Rupat ini memenangi Pilkada Bengkalis. Kaderismanto inspirasi bagi kita, seorang anak nelayan mampu menjadi Bupati Bengkalis,” kata Misliadi.

Lebih lanjut Misliadi menjelaskan, Kaderismanto berpeluang besar menang di Pulau Rupat. Begitupun di wilayah Mandau, Pinggir, Bathinsolapan, dan Tualangmandau.

”Melalui strategi dan kampanye yang hari ini terus berjalan, mengalir sejumlah dukungan, maka kita perlu terus galang kekuatan. Masyarakat inginkan KDI sebagai pemenang kali ini,” ujarnya.

Kaderismanto lahir di Batu Panjang, 12 Oktober 1978. Orang tuanya adalah seorang nelayan asal Pulau Rupat. Kaderismanto, pria Muslim yang pernah mengeyam pendidikan di MTsN Bengkalis tahun 1993. Kemudian melanjutkan pendidikan di MAN Dumai tahun 1996 dan sekarang menjadi mahasiswa aktif di Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru.

Dalam catatan profil calon Bupati Bengkalis, Kaderismanto juga merupakan Wakil Ketua Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Bengkalis 2019-2024. Kemudian juga menjadi Ketua TKD Pemenangan Jokowi-Amin Kabupaten Bengkalis 2019 lalu.

Pria yang akrab disapa Bang Kade ini juga merupakan Anggota DPRD Kabupaten Bengkalis dua periode dan sebelum mengundurkan diri untuk maju sebagai calon Bupati Bengkalis nomor urut 1, tercatat sebagai unsur pimpinan di DPRD Kabupaten Bengkalis.

Bagi Kaderismanto sangat penting, bahwa kaum muda ikut terlibat dalam politik dan mampu menjadi, yang terbaik bagi masyarakatnya.

”Makanya saya inginkan Bengkalis itu memiliki keunggulan dengan program Bengkalis 1 Data, agar masyarakat Pulau Rupat bisa terlayani dengan baik. Ini hanya ada di Kaderismanto-Iyeth Bustami (KDI) 2020,” pungkas Kaderismanto yang optimis menang di Pilkada Bengkalis 9 Desember 2020. ***

Kategori : Bengkalis, Politik
wwwwww