PotretNews.com Sabtu 24 Oktober 2020
Home > Berita > Umum

Pimpinan Rumah Sakit di Pelalawan Dikumpulkan, Diingatkan Jangan Covid-kan Semua Pasien demi Cari Untung

Pimpinan Rumah Sakit di Pelalawan Dikumpulkan, Diingatkan Jangan Covid-kan Semua Pasien demi Cari Untung

Ilustrasi/KOMPAS.com

Rabu, 07 Oktober 2020 09:25 WIB

PANGKALANKERINCI, POTRETNEWS.com — Pimpinan seluruh rumah sakit swasta yang ada di Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau dipanggil Dinas Kesehatan setempat terkait penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Beberapa direktur rumah sakit dikumpulkan untuk menanggapi kabar yang saat ini menjadi isu nasional terkait adanya rumah sakit yang sengaja meng-Covid-kan pasien.

Tujuannya untuk mendapatkan dana atau anggaran dari pemerintah atas perawatan dan pengobatan yang dijalani sang pasien.

”Kemarin rumah sakit swasta sudah kita kumpulkan. Untuk menekankan jangan sampai ada kesan meng-Covid-kan pasien. Seperti yang kabar yang sedang santer di daerah lain,” tandas Juru Bicara Satgas Covid-19 Pelalawan, Asril MKes, Selasa (6/10/2020).

Melansir tribunnews.com Asril menyampaikan, prosedur penanganan Pasien suspek maupun terkonfirmasi positif corona harus tetap berpedoman ke Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) yang terbaru.

Pasalnya, saat ini banyak masyarakat yang kurang percaya terhadap virus corona hingga menuding adanya rumah sakit yang dengan sengaja memvonis Pasien menderita Covid-19, semata untuk meraup keuntungan.

Hal itu harus ditampik dengan protap pelayanan Pasien yang sesuai aturan berlaku. Di samping itu, lanjut Asril, pemanggilan RS swasta bertujuan untuk menakar kekuatan dan kesiapan fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di Pelalawan dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang kian hari semakin meningkat.

Baik ruang isolasi, jumlah tenaga medis, obat-obatan, hingga peralatan kesehatan yang dimiliki. ”Untuk saat ini Faskes kita masih aman, jika kasus terus meningkat. Beberapa rumah sakit terus menambah kapasitas ruang isolasi. Baik swasta maupun negeri,” ucapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Pelalawan juta menyebut, hari ini (kemarin, red) ada penambahan kasus corona sebanyak sembilan orang.

Pasien baru ini berinisial JRT (41), ORC (19), PD (22), SR (42), AF (43), RPL (41), EG (48), DIS (43), dan HT (45). Mereka berasal dari Kecamatan Pangkalankerinci dan Pangkalankuras.

Empat orang di antaranya menjalani pemeriksaan swab lantaran berstatus suspek Covid-19 yang dirawat di rumah sakit. Setelah hasilnya keluar dari laboratorium ternyata positif corona.

Sebagian lain merupakan hasil tracing contac dari Pasien positif sebelumnya yang melakukan swab test secara mandiri. Penambahan sembilan Pasien, total kasus Covid-19 di Pelalawan mencapai 644.

Sebanyak 289 Pasien di antaranya telah sembuh dan selesai menjalani isolasi serta dinyatakan negatif corona. Sedangkan 351 orang masih berjuang untuk sembuh dari virus yang berasal dari Wuhan, China itu.

Rinciannya, 225 menjalani isolasi mandiri lantaran berstatus orang tanpa gejala (OTG) dan 126 orang diisolasi di rumah sakit. Warga yang meninggal dengan status terkonfirmasi positif corona sebanyak empat orang. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Pelalawan
wwwwww