PotretNews.com Sabtu 24 Oktober 2020

Sadar bahwa Bupati Pelalawan Harus Netral di Pilkada, HM Harris Pilih Mundur sebagai Ketua Tim Sukses Putranya

Sadar bahwa Bupati Pelalawan Harus Netral di Pilkada, HM Harris Pilih Mundur sebagai Ketua Tim Sukses Putranya

Balon Bupati Bupati Pelalawan, Ade Sukemi mendaftar di KPU diantar sang ayah, HM Harris/ISTIMEWA

Sabtu, 26 September 2020 18:12 WIB
PELALAWAN, POTRETNEWS.com — Sempat dideklarasikan saat pendaftaran calon kepala daerah/wakil kepala daerah Kabupaten Pelalawan Provinsi Riau dua pekan lalu, Bupati HM Harris, akhirnya mundur sebagai ketua tim sukses Pasangan Calon (Paslon) Adi Sukemi-Muhammad Rais pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) itu tahun 2020.
”Setelah mendengar masukan dari beberapa pihak dan kawan-kawan, akhirnya saya mundur dari ketua tim,” tandas Jumat (25/9/2020). Harris berpandangan, sebagai bupati atau kepala daerah yang masih aktif menjabat, harus menjaga komunikasi dengan masyarakat.

Dia ingin bersikap netral dalam menjalankan pemerintahan dan tidak ingin dikait-kaitkan lagi dengan pesta demokrasi sekali lima tahun itu yang notabenenya diikuti oleh putra kandung. Sebenarnya, lanjut Harris, diri memilih menjadi ketua tim karena saat itu belum ada tim resmi yang terbentuk. Tepat saat tahapan pendaftaran bapaslon dan deklarasi yang digelar awal September lalu.

Namun ia melihat cukup sulit untuk menjalankan peranan sebagai kepala daerah dan satu sisi jadi ketua tim pemenangan. Lantaran harus cuti dan mengurus keperluan administrasi lainnya.

Akhirnya Bupati Pelalawan dua periode itu mundur dari tim dan menunjuk H Zakri sebagai ketua yang bergerak di bidang swasta dibantu oleh tim lain dari Golkar maupun anggota keluarganya. ”Saya sebagai orang politik, orang partai, nanti dikait-kaitkan dengan harus cuti. Jadi saya keluar dari tim. Sekarang ada Zakri, ada juga Budi dan Zainul Ikhwan,” tandas Harris, melansir riauonline.co.id.

Penetapan nomor urut pasangan calon (paslon) disahkan melalui pengambil nomor yang digelar di gedung daerah setempat dan diikuti seluruh paslon.

Sekadar mengingatkan, Bupati HM Harris sempat dideklarasikan sebagai panglima pemenangan Adi Sukemi-Rais pada saat pendaftaran bapaslon dua pekan lalu. Saat itu disebutkan, Harris langsung memimpin strategi pemenangan dalam kontestasi pilkada yang pemungutan suaranya berlangsung pada 9 Desember 2020.

Adi Sukemi adalah putra HM Harris. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Pelalawan, Politik
wwwwww