PotretNews.com Sabtu 24 Oktober 2020

Terjangkit Covid-19, Satu Bapaslon di Kepulauan Meranti belum Ditetapkan KPU

Terjangkit Covid-19, Satu Bapaslon di Kepulauan Meranti belum Ditetapkan KPU

Komisionner KPU Kepulauan Meranti, Hanafi/ISTIMEWA

Rabu, 23 September 2020 17:32 WIB
Rachdinal

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Satu bakal pasangan calon (bapaslon) di Kabupeten Kepulauan Meranti, Provinsi Riau, belum ditetapkan menjadi paslon, karena terinfeksi Coronavirus Desease (Covid-19).

”Untuk bakal pasangan calon Said Hasyim-Abdul Rauf belum ditetapkan sebagai calon karena masih ada tahapan tes kesehatan yang belum dijalani, setelah terkonfimasi positif Covid-19. Penetapan mereka ditunda sampai dengan hasil tes swab Abdul Rauf dinyatakan negatif,” kata Komisioner KPU Meranti Divisi Sosialisasi dan Parmas, Hanafi kepada potretnews.com, Rabu (23/9/2020).

Hanafi mengatakan, KPU Kabupaten Kepulauan Meranti melaksanakan pleno tertutup penetapan paslon bupati dan wakil bupati sekaligus menyatakan menunda pengesahan satu bapaslon karena calon wakilnya terkonfirmasi positif Covid-19.

"Kita laksanaan (pleno) secara tertutup. Kalau hasil penetapan penyerahannya langsung melalui LO setiap paslonnya saja. Khusus penetapan untuk paslon Said Hasyim-Rauf akan ditunda setelah 14 hari dan dinyatakan negatif hasil tes swab dari Abdul Rauf,” sebut pria yang biasa dipanggil Awang ini.

Untuk sementara, penetapan paslon hanya diikuti tiga pasang. Mereka adalah; Hery Saputra-M Khozin, M Adil-H Asmar, dan Mahmuzin Taher-Nuriman Khair. Sedangan pasangan pasangan Said Hasyim-Rauf akan ditunda sampai dengan hasil tes swab Abdul Rauf dinyatakan negatif.

Awang menjelaskan, penundaan penetapan bapaslon Said Hasyim dan Abdul Rauf diatur dalam PKPU tentang Pilkada. Baik dari kesehatan hingga penggantian calon.

”Jika masih dinyatakan positif atau belum dinyatakan sembuh dari Covid-19 dengan melewati batas waktu yang sudah ditentukan, maka harus dilakukan penggantian bakal calon melalui partai politik dengan mengajukan penggantian calon dan mengubah surat pencalonan sesuai kesepakatan paslon kepada parpol,” ujarnya. ***

Kategori : Meranti, Politik
wwwwww