Home > Berita > Umum

Pulang dari Pekanbaru, Dua Camat di Indragiri Hulu Tertular Corona

Pulang dari Pekanbaru, Dua Camat di Indragiri Hulu Tertular Corona

Ilustrasi/INTERNET

Minggu, 13 September 2020 17:07 WIB

RENGAT, POTRETNEWS.com — Kasus penyebaran virus corona atau Covid-19 di Provinsi Riau semakin parah. Angkanya terus naik signifikan. Di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) misalnya, tercatat dua camat terkonfirmasi positif Covid-19.

Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mengambil langkah menghentikan sementara pelayanan dua kantor camat dan satu puskesmas di wilayah ini.

Kebijakan tersebut dikeluarkan menyusul munculnya lima orang pasien positif Covid-19 di Kabupaten Inhu. Dua orang di antaranya merupakan camat yakni berinisial S dan A.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Inhu, Elis Julinarti yang dikonfirmasi lebih menjelaskan terkait lima orang pasien positif Covid-19 di kabupaten ini.

Untuk pasien S dan A yang merupakan camat di dua kecamatan di Kabupaten Inhu dinyatakan positif setelah pulang dari Pekanbaru.

"Keduanya mengalami gejala demam, dan sempat dirawat di Puskesmas Airmolek," katanya, melansir tribunnews.com. Oleh karena itu, setelah keduanya dinyatakan positif, maka Puskesmas Airmolek ditutup sementara waktu.

"Pelayanan di Puskesmas Airmolek dihentikan sementara sampai semua hasil swab yang memiliki kontak erat dengan pasien positif keluar," ujar Elis.

Selain pasien A dan S, tiga orang lainnya yang dinyatakan positif, yakni B (53), S (42), dan HS (33). Tiga di antaranya, yakni pasien S (42), B (53), dan S (54) saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Indrasari Rengat.

Sementara dua pasien lagi masih menjalani isolasi mandiri. Hal ini dipastikan melalui konfirmasi dengan Direktur RSUD Indrasari Rengat, Sri Dharmayanti.

Selain kantor pemerintah, dua klinik swasta di Airmolek, Kecamatan Pasirpenyu, Kabupaten Inhu juga diinformasikan menutup sementara pelayanannya. Hal ini dilakukan setelah dua pasien positif sebelumnya sempat dirawat di dua klinik tersebut.

Besok Kepala OPD, Camat akan Diuji Swab
Dinas Kesehatan (Dinkes) Indragiri Hulu (Inhu) berencana melakukan swab terhadap sejumlah pejabat di Kabupaten Inhu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Inhu, Elis Julinarti mengatakan, hal ini dilakukan setelah terjadi penambahan lima kasus positif Covid-19 di daerah ini.

Dari lima kasus itu, dua orang di antaranya camat yang sebelumnya sempat melakukan perjalanan dari Pekanbaru.

"Sebenarnya langkah ini sudah lama kita rencanakan, namun sebagai bentuk antisipasi kita akan menswab kepala OPD dan camat di Inhu," kata Elis, Ahad (13/9/2020).

Elis juga menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan tracing terhadap orang-orang yang sempat memiliki kontak erat terhadap lima orang pasien yang positif tersebut.

Untuk informasi terdapat penambahan lima pasien positif di Kabupaten Inhu. Tiga pasien tersebut kini menjalani perawatan di RSUD Indrasari Rengat. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Inhu
wwwwww