PotretNews.com Senin 21 September 2020

Lomba Jong Titis, Potensi Lain Desa Perapattunggal di Kabupaten Bengkalis

Lomba <i>Jong Titis</i>, Potensi Lain Desa Perapattunggal di Kabupaten Bengkalis

Pantai Wisata Desa Perapattunggal, Bengkalis berpotensi lokasi Lomba Jong, Ahad (13/9/2020).

Minggu, 13 September 2020 22:50 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Desa Perapattunggal, Bengkalis, Riau yang selama ini memilik beberapa potensi sebut saja untuk lokasi lomba mancing, hunting foto, rekreasi ke taman dan lainnya juga kala musim Angin Selatan sangat cocok sebagai lokasi lomba Jong Titis, perlombaan perahu layar yang berukuran kecil dan tanpa penumpang.

Atas pertimbangan ini, maka Grup Jong Kuda Terbang Desa Kelapapati bekerja sama dengan Komite Permainan Rakyat dan Olahraga Tradisional Indonesia (KPOTI) Kabupaten Bengkalis menggelar lomba jong yang dilaksanakan pada Ahad (13/9/2020).

Lokasi tepatnya di Pantai Wisata Perapattunggal. Lomba ini diikuti 56 Jong yang berasal dari Kecamatan Bengkalis dan Bantan. Ketua Panitia Pelaksana, Misbahuddin menyebut, dipilihnya Pantai Wisata desa ujung Barat Pulau Bengkalis tersebut sebagai lokasi acara lomba karena di desanya, Desa Kelapapati belum memiliki lokasi lomba Jong tadi.

”Di desa kite (Kelapapati, red) belum ade, di Selat Baru, Muntai, Muntai Barat, Teluk Lancar dah ade. Karene desa kami tidak punye lokasi, setelah kami cek di lapangan pantai ini mengizinkan (untuk dijadikan lokasi lomba, red) make kami buat acara ini di sini," kata Misbahuddin kepada potretnews.com, Ahad (13/9/2020).

Misbahuddin yang Ketua Grup Jong Kuda Terbang ini mengucapkan terima kasih kepada Kepala Desa Perapattunggal beserta perangkatnya, alim ulama orang-orang tua dan pemuda desa tersebut, arena menerima mereka menggelar acara lomba tadi yang telah mendapatkan izin dari Kapolres Bengkalis dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bengkalis.

Kepada para peserta pula, Misbahuddin telah menyampaikan supaya mengikuti protokoler kesehatan kala pandemi Covid-19 masih ada hingga sekarang. Dalam sambutannya, Kades Ahmad mengucapkan terima kasih kepada KPOTI Kabupaten Bengkalis karena telah memilih desanya sebagai lokasi lomba Jong Titis.

”Sehingga desa kami mendapat rahmat dikunjungi masyarakat Kabupaten Bengkalis dan pedagang kecil beri kesempatan untuk berjualan serta masyarakat mendapatkan kebahagiaan (menjadi hiburan, red) menyaksikan permainan ini. Dalam mase Covid-19 ini masyarakat agak sepi tapi hari ini masyarakat dapat bebas siket tapi jangan lupe kite harus memakai protokoler kesehatan," ucap Kades Perapattunggal, Ahmad.

Sementara itu, Ketua Umum KPOTI Rahmah Yeni SSos MSi melalui Sekretaris, Marwan Sarwi Siregar SPdI menyampaikan bahwa mereka diberi mandat pada 25 Juli 2020 di Bengkalis yang dihadiri langsung oleh Ketua KPOTI Riau, Letkol Inf Aidil Amin SIP MIPol. Kemudian, pada 4 September 2020 mereka menerima SK dari Ketua KPOTI Pusat.

”Sesuai dengan Undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang kebudayaan, bahwa pemerintah kita hari ini mencanangkan, mencari atau menggali potensi-potensi permainan-permainan rakyat dan olahraga tradisional, KPOTI ini adalah wadah bernaungnya karena kita mempunyai badan hukum. Desa mempunyai hak untuk bisa menganggarkan untuk kegiatan KPOTI ini permainan dan olahraga tradisional," beber Marwan Sarwi Siregar.

Ke depannya, kata dia lagi, masukan dari Kades Ahmad tentang program kegiatan, jika pada Oktober 2020 nanti ada lagi perlombaan permainan dan olahraga tradisional, mereka di KPOTI akan mendukungnya.

Tak lupa, Marwan menyampaikan ucapan terima kasih kepada panitia pelaksana dan masyarakat sehingga acara tersebut dapat dilaksanakan.

Ketua Dewan Pengarah, H Indra Gunawan Eet PhD yang tepat pukul 10.10 WIB membuka acara ini, dalam sambutannya menyampaikan bagi Jong juara 1 akan diberi hadiah Rp2 juta dan juara 2 sebesar Rp1,5 juta. ”Olahraga dan permainan tradisional ini harus kita kawal," ujar Indra Gunawan Eet yang saat ini Ketua DPRD Provinsi Riau.

Pantauan di lapangan, sangat tepat pantai desa tersebut dijadikan lokasi lomba Jong, selain pantai yang keras meskipun bukan pasir seperti Pantai Selatbaru, juga panjang rentangnya sudah memadai termasuk taman delta sesai yang ditumbuhi pohon vinus dan lainnya, juga didukung jembatan yang panjangnya ratusan meter. Hari itu menjadi hari rekreasi bersama keluarga dan sahabat.

Setelah berakhirnya lomba pada pukul 16.00 WIB, maka inilah para pemenang yang beruntung; juara I Jojon dari Desa Kualaalam, juara II Lukmanil Hakim (Desa Muntai Barat), juara III Azhar dari Desa Penampi. Juara harapan I, II,, dan harapan III semuanya dari Desa Teluklancar yaitu Idris, Masri, dan Nazri. ***

       
        Loading...    
           
Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww