Home > Berita > Umum

Satu ASN Pemprov Riau Meninggal Dunia akibat Corona, Istri Tertular

Satu ASN Pemprov Riau Meninggal Dunia akibat Corona, Istri Tertular

Gambar hanya ilustrasi/TEMPO.co

Jum'at, 04 September 2020 11:50 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tengah berduka lantaran seorang pegawainya meninggal dunia, Jumat (4/9/2020). Aparatur sipil negara (ASN) berinisial TS itu bertugas di Inspektorat Pemprov Riau.

Kabar tersebut menyebar luas di lingkungan Pemprov Riau. Belakangan terungkap, TS merupakan pasien positif Covid-19 yang sempat dirawat beberapa hari di rumah sakit yang ada di Kota Pekanbaru. Namun sejak terpapar Covid-19, kondisi TS tak kunjung membaik dan akhirnya meninggal dunia.

”Iya benar, ada ASN Pemprov Riau yang meninggal dunia karena Covid-19," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, Jumat (4/9/2020). Namun Mimi mengungkapkan, TS sebelumnya punya riwayat penyakit bawaan yang juga cukup serius. TS diketahui mengidap penyakit ginjal.

”Yang bersangkutan punya penyakit komorbid, jadi TS ini punya penyakit penyerta gangguan ginjal,” tuturnya, dilansir dari tribunnews.com. Mimi mengungkapkan, selain memiliki riwayat penyakit penyerta, dari sisi usia TS juga sudah ber-umur.

”Usianya 50-an tahun, tapi persisnya lupa saya," ujarnya. Saat ini TS sudah dikebumikan oleh petugas dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

”Sudah dikebumikan dan prosesnya semua menggunakan protokol kesehatan pasien Covid-19," katanya.

Meski ditemukan ada pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia, pihaknya belum merekomendasikan kepada kepala OPD tempat TS bekerja untuk menutup sementara kantornya. Sebab sejak pertama kali TS ditemukan positif Covid-19 proses tracing sudah dilakukan.

Termasuk melakukan sterilisasi dengan menyemprotkan disinfektan di kantor Inspektorat tempat TS bertugas. ”Tidak ada penutupan, karena sebelumnya kan sudah dilakukan tracing. Semua pegawai di Inspektorat juga sudah dilakukan swab. TS ini kan bukan pasien baru tapi sudah positif sejak beberapa hari yang lalu dan meninggalnya di rumah sakit," ujarnya.

Berdasarkan hasil tracing yang dilakukan oleh petugas kesehatan, ternyata tidak hanya TS saja yang positif Covid-19. Namun istri dari TS ternyata juga terpapar Covid-19.

”Iya istrinya positif juga, sama-sama kita berdoa semua semua diberikan kesembuhan dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan,” kata Mimi.

Dengan bertambahnya satu pasien positif Covid-19 yang meninggal dunia ini, maka total pasien positif Covid-19 di Riau yang meninggal dunia sudah mencapai sebanyak 38 orang.

Sementara untuk jumlah pasien positif Covid-19 di Riau berdasarkan rilis dari Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Kamis (3/9/2020) kemarin terdapat penambahan 106 kasus positif Covid-19.

Dengan adanya penambahan 106 kasus baru ini maka saat ini total kumulatif pasien positif Covid-19 di Riau mencapai 2.136 kasus.

”Dari total 2.136 kasus positif Covid-19 di Riau yang saat ini masih dirawat ada 1.037 kasus. Rinciannya 571 pasien diisolasi mandiri kemudian 466 pasien dirawat di rumah sakit,” ucap Mimi.

Selain adanya penambahan 106 kasus positif Covid-19, di hari yang sama kabar baiknya, terdapat penambahan 23 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh. Sehingga total kasus pasien positif Covid-19 yang sembuh sebanyak 1.062 pasien. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww