Dinas LHK Pekanbaru Imbau Warga tidak Buang Sampah di Sungai Siak

Dinas LHK Pekanbaru Imbau Warga tidak Buang Sampah di Sungai Siak

Sampah yang mengapung di saluran air yang bermuara langsung ke Sungai Siak di kawasan Kecamatan Senapelan, Pekanbaru/POTRETNEWS.com/RACHDINAL

Rabu, 02 September 2020 13:08 WIB
Rachdinal

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Pekanbaru, Riau mengimbau warga tidak membuang sampah di ruas jalan, apalagi ke saluran air dan sungai.

Menjawab potretnews.com yang mewawancarainya, Rabu (2/9/2020), Kepala Dinas LHK Pekanbaru Agus Pramono menyesalkan mengapa masih terjadi aktivitas membuang sampah di pinggiran saluran air yang bermuara langsung ke aliran Sungai Siak, di kawasan Kecamatan Senapelan.

”Kita imbau warga untuk membuang sampah pada tempat yang telah disediakan dan jadwalnya juga telah ditentukan. Karena kalau membuang sampah di saluran yang bermuara langsung ke Sungai Siak, tentu akan mencemari sungai tersebut,” kata Agus.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/02092020/potretnewscom_9befe_1940.jpgKepala Dinas LHK Pekanbaru Agus Pramono/POTRETNEWS.com/RACHDINAL

Saat wartawan potretnews.com memperlihatkan beberapa gambar sampah yang dibuah di pinggiran Sungai Siak, Agus yang baru 2 bulan menduduki kursi Kepala Dinas LHK Pekabaru spontan berjanji segera turun ke lokasi untuk melihat sampah yang bertumpuk dan mengapung di sana.

Pesan agar tidak membuang sampah sembarangan, menurut Agus tidak sekadar imbauan, melainkan ajakan kepada seluruh warga Kota Pekanbaru agar selalu hidup bersih.

”Ayo, buanglah sampah pada tempatnya. Jangan kesadaran baru muncul setelah warga kena denda,” ucap Agus sembari menyebut, setiap harinya ada saja warga yang tertangkap tangan oleh tim DLHK Kota Pekanbaru lantaran membuang sampah sembarangan atau di luar jadwal yang telah ditentukan.

Agus bercerita, dirinya setiap hari selalu keliling Kota Pekanbaru untuk melihat langsung tidak ada sampah yang berserakan di jalanan serta memastikan anggotanya menjalankan tugas dengan baik. Namun yang membuatnya prihatin, dalam sehari pihaknya bisa menangkap puluhan bahkan ratusan warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan.

”Kan kasihan kalau tertangkap oleh kita. Selain KTP-nya ditahan, warga itu harus membayar denda. Agar hal tersebut tak terjadi, marilah sama-sama kita mengikuti aturan,” pungkasnya, seraya mengajak ketua RW dan ketua RT di sekitar Sungai Siak Pekanbaru untuk bersinergi dalam menjaga kebersihan di lingkungannya. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww