Wujudkan Unilak Unggul, Staf Pengajar Diberi Pembekalan Pengantar Tugas Dosen Tetap

Wujudkan Unilak Unggul, Staf Pengajar Diberi Pembekalan Pengantar Tugas Dosen Tetap

Ketua Yasrah Prof Dr Irwan Effendi memberikan pembekalan kepada dosen tetap Unilak/ISTIMEWA.

Kamis, 27 Agustus 2020 08:20 WIB
Muhamad Maulana

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru Riau melakukan percepatan dalam mewujdukan Unilak unggul, tidak hanya dalam akademik tapi juga dalam sumber daya manusia dosen dengan mengadakan pembekalan pengantar tugas dosen tetap Yayasan Pendidikan Raja Ali Haji (Yasrah), Rabu(25/08/2020).

Sebagai narasumber yaitu Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum, Ketua Yasrah Prof Dr Irwan Effendi, Guru Besar Unilak Prof Dr Ir Syafrani, Ketua Badan Hukum Etika Unilak Irawan Harahap SE SH MKn, dan Ketua Ikdos Unilak Dr Dedi Zargustin.

Acara dibuka oleh Wakil Rektor I Unilak Zamzami SKom MKom turut hadir Wakil Rektor II Hardi SE MM, jajaran dekan di Unilak. Dalam sambutannya Zamzami mengatakan, Unilak telah berdiri sejak tahun 1982. Di usianya yang ke-38 tahun, Unilak memiliki visi menjadi univeritas unggul berlandaskan budaya Melayu tahun 2030.

Untuk mewujudkan itu, kata dia, Unilak butuh sumberdaya unggul, termasuk tenaga dosen, karena di era zaman sekarang era teknologi unggul, maka dari itu dosen juga harus unggul dalam mengikuti perkembangan teknologi, untuk itu ikuti kegiatan ini hingga selesai.

Dijelaskan Zamzami, dengan tujuh nilai yang ditanamakan di Unilak yakni, religious, jujur, visioner, bijaksana, disiplin, bermartabat, dan kerja sama. Tujuh nilai ini diambil dari nilai-nilai kehidupan sehari-hari, dan tujuh nilai ini yang akan kita tanamankan dalam mewujudkan Unilak unggul, akademik unggul, dosen unggul, universitas unggul.

”Bahwa semua kegiatan yang ada di unilak telah didukung oleh teknologi Informasi. Saat ini basis kegiatan di Unilak berbasis IT, dan dosen Unilak harus unggul dalam teknologi,” ujar Zamzami.

Sementara itu Prof Irwan dalam pembekalannya mengatakan bahwa, jadi tenaga pendidik itu tidak hanya cukup didepan kelas, saya sudah mengelola sekolah, menjadi rektor dan lain lain. Mendidik tidak hanya dikelas tapi juga mendidik masyarakat lewat pengabdian di masyarakat.

Menjadi dosen itu enak dosen adalah orang spesial, dosen adalah sang bintang. Jadilah dosen yang bermental juara, dan dosen Unilak sang juara. Dalam penjabaranya, Prof Irwan, memberikan tip menjadi dosen juara menurutnya dosen harus rajin menerbitkan buku, rajin menulis tulisan di jurnal internasional minimal 1 tahun sekali, rajin menulis jurnal terakreditasi, rajin tulisan ilmiah di jurnal ilmiah, naik pangkat satu kali dalam 2 tahun, rajin melakukan penelitian nasional, melakukan peneltian lokal, dan melakukan penelitian mandiri.

”Dosen bintang itu harus visoner, harus memiliki mimpi jelas, mimpi itu adalah bahan bakar penggerak (penyemangat), dosen harus memiliki tujuan jelas dan konsisten meraih tujuan,” pungkas Prof Irwan. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww