Ekonomi Terpuruk akibat Covid-19, Mahasiswa KKN Umri Sosialisasi Penyelamatan UMKM

Selasa, 18 Agustus 2020 09:25 WIB
Muhamad Maulana
ekonomi-terpuruk-akibat-covid19-mahasiswa-kkn-umri-sosialisasi-penyelamatan-umkmMahasiswa Umri (kanan) tengah menyosialisasikan penyelamatan UMKM di Pekanbaru.

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Pandemi virus Corona Covid-19 membuat ekonomi dunia terpuruk. Keadaan itu juga dialami para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Pekanbaru, Riau. Dampak pandemi tersebut membuat pendapatan harian masyarakat menjadi turun drastis dan perlu mendapat perhatian dari semua pihak.

Hal tersebut mendorong Kelompok 20 KKN (kuliah kerja nyata) yang terdiri dari mahasiswa/mahasiswi (Umri) untuk melakukan kegiatan tersebut. Mereka memberikan sosialiasi terkait peningkatan kreativitas dan strategi bertahan di tengah pandemi kepada para pelaku UMKM di Pekanbaru.

”Ada beberapa faktor yang menyebabkan menurun profit pelaku UMKM. Di antaranya disebabkan oleh daya minat pembeli yang menurun, modal yang pas pasan, bahan baku yang susah didapatkan, dan harga jual yang melambung tinggi,” kata Wahyu Fitria, Ketua Kelompok 20 KKN Umri.

Ayu, salah seorang pelaku UMKM yang merasakan dampak dari pandemi Covid-19, mengatakan usahanya merugi akibat sepinya pengunjung karena diharuskan dirumah saja. Namun sejak diberlakukannya new normal keadaan mulai membaik walaupun pendapatan masih belum stabil.

”Memang ketika new normal diberlakukan, secara perlahan sudah mulai membaik. Namun untuk pendapatan sendiri masih belum bisa dikatakan stabil,” ungkap Ayu.

Atas keadaan tersebut mahasiswa KKN Umri memberikan berapa tips untuk meningkatkan pendapatan sebagai pelaku UMKM ditengah new normal.

Di antaranya memberikan pelayananan yang terbaik, seperti ramah, sopan, senyum, dan memberikan potongan harga agar konsumen menjadi pelanggan tetap.

”Merosotnya perekonomian pelaku UMKM juga bisa dilihat dari semakin turunnya kreativitas. Hal itulah yang harus diselamatkan, agar para pelaku UMKM tetap konsistensi maju walau kondisi belum stabil. Karena pelaku UMKM merupakan salah satu jembatan yang turut membangun perekonomian negeri ini,” ujar Mutia, salah satu anggota Kelompok KKN 20 Umri.

Mutia juga berharap, dengan adanya sosialisasi seperti ini, sedikit banyaknya akan membangun kembali semangat kreativitas bagi para pelaku UMKM agar terus maju sehingga bisa menyelamatkan perekonomian daerah,” pungkasnya. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww