Ajak 3 Rivalnya saat Pilkades, Kades Pangkalanbatang Barat Bengkalis Bentuk Tim Pencari Potensi Desa

Ajak 3 Rivalnya saat Pilkades, Kades Pangkalanbatang Barat Bengkalis Bentuk Tim Pencari Potensi Desa

Mansur Mukhtaridi, Ketua Tim Penggali Potensi Desa, Selasa (18/8/2020) di depan jualan tendanya.

Selasa, 18 Agustus 2020 21:17 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Seorang Azmi Yulfikar, Kepala Desa (Kades) Pangkalanbatang Barat, Bengkalis Riau beberapa waktu lalu saat takziah di rumah warganya di Dusun Kampung Parit menyampaikan harapan dan impian kepada Drs A Mansur Mukhtaridi untuk menggali potensi desa pemekaran dari Pangkalanbatang ini.

Coba menolak harapan sang kades, akhirnya hatinya pasrah untuk berbuat bagi desa kelahirannya. Segeralah ia secara diam-diam merangkul Dudiar dan H Rustam untuk mau bersamanya berada dalam tim harapan sang kades dengan jumlah anggota seramai 7 orang.

”Kami dari tim berinisiatif untuk mengangkat potensi-potensi yang ada di Desa Pangkalanbatang Barat itu terutama untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan. Oleh karena itu ada beberapa titik sasaran yang akan kita tuju untuk memberikan sebuah motivasi kepada masyarakat agar bisa dan mampu untuk mendobrak nilai-nilai ekonomi yang harus mereka lakukan untuk menambah income perkapita rumah tangganya. Salah satu titik sasarannya mungkin pada sektor pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan UMKM," Ketua Tim Penggali Potensi Desa Pangkalan Batang Barat, A Mansur Mukhtaridi kepada potretnews.com, Selasa (18/8/2020).

Ditemui di tempatnya berjualan buah Dendan, A Mansur Mukhtaridi menambahkan dari titik saran ini lah dirinya bersama tim menganalisa potensi-potensi yang ada di desanya bisa dikembangkan sehingga mampu untuk mengentaskan ekonomi masyarakat sehingga desa tadi menjadi desa mandiri.

”Untuk tim kami sudah melaksanakan empat kali pertemuan dan bersosialisasi kepada masyarakat baru di Dusun Kampung Parit pada malam tadi,” ungkapnya.

Dia bercerita, dalam pertemuan tadi malam mereka mendapatkan apa yang menjadi hajat masyarakat dusun di sana dan data-data yang dikumpulkan akan diverifikasi, layakkah suatu program itu dilaksanakan di suatu daerah tadi sehingga nanti muncullah produk-produk unggulan dari setiap dusunnya.

Mansur Mukhtaridi mengatakan, tim penggali potensi sangat berharap agar masyarakat proaktif dalam mengambil sebuah kesempatan yakni Pemerintah Desa Pangkalanbatang Barat sudah memberi laluan untuk bekerja sama dengan masyarakatnya dalam hal meningkatkan ekonomi masyarakat.

”Kami juga berharap kiranya ini merupakan salah satu langkah awal bagi kita memberikan motivasi-motivasi kepada masyarakat sehingga muncullah gerakan-gerakan iri yang berubah menjadi iri yang positif sehingga nantinya muncul persaingan-persaingan positif dalam masyarakat untuk meningkatkan ekonominya,” ujar A Mansur Mukhtaridi yang saat ini sebagai guru honorer di SMAN 2 Bengkalis di akhir wawancara. ***

Kategori : Bengkalis, Umum
wwwwww