Diterjunkan Menjadi Relawan Covid-19 dan Karhutla, Rektor Umri Beri Pembekalan kepada 868 Mahasiswa KKN

Kamis, 06 Agustus 2020 13:08 WIB
Muhamad Maulana
diterjunkan-menjadi-relawan-covid19-dan-karhutla-rektor-umri-beri-pembekalan-kepada-868-mahasiswaRektor Umri Dr Mubarak menyampaikan sambutan sekaligus pembekalan kepada 868 Mahasiswa KKN.

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Universitas Muhammadiyah Riau (Umri) melalui Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) kembali melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) gelombang kedua. Pada Juni lalu juga melaksanakan kegiatan yang sama.

Dengan menyesuaikan kondisi saat ditengah pandemi Covid-19, Program kerja yang akan dilaksanakan mahasiswa berkaitan dengan edukasi pencegahan Covid-19. ”Selain itu mereka juga akan diarahkan untuk membantu pemerintah dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla),” kata  Rektor Universitas Muhammadiyah Riau, Mubarak, Kamis (6/8/2020).

Mubarak mengatakan, mengedukasi masyarakat akan bahaya Covid-19 di masa new normal ini masih sangat dibutuhkan, terutama dalam mengarahkan dan mengajak masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan.Terutama dalam hal memakai masker dan rajin mencuci tangan. ”Terlebih kasus ini dalam beberapa hari belakangan ini mengalami peningkatan, jadi kita berharap keberadaan Mahasiswa kita bisa memberi edukasi kepada masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, mengadakan berbagai kegiatan yang mampu bernilai ekonomi bagi masyarakat di tengah kondisi sulit saat ini juga akan dibutuhkan. ”Dan tentunya kita harapkan mereka bisa membantu pemerintah dalam pencegahan Karhutla, dimana saat ini Riau telah memasuki musim kemarau, dan beberapa titik api juga sudah bermunculan,” ucap Mubarak.

Dalam kegiatan hari ini, imbuh rektor, sengaja dihadirkan dua orang narasumber yang sangat kompeten untuk dua persoalan yang terjadi saat ini. ”Yakni pak Kapolda yang akan membahas tentang penanganan karhutla, dan Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Riau, yang akan menggali soal penanganan dan pemulihan ekonomi di masa Covid-19 ini,” terangnya.

Kepala LPPM Umri Ridha Fauzi, menjelaskan dalam pelaksanaan KKN periode Agustus ini mengusung tema ”KKN Merdeka”, yang dimaksudkan untuk menggelorakan semangat kemerdekaan dalam diri para peserta KKN. "Dari 868 Mahasiswa ini, mereka terbagi dalam 8 kelompok. Tugas utama mereka adalah menjadi relawan Covid-19 dan juga penanganan karhutla,” beber Fauzi.

Dia berharap seluruh peserta KKN bisa menyimak dari berbagai materi yang disampaikan pada kegiatan pembekalan ini, sehingga bisa bermanfaat ketika nantinya diaplikasikan saat KKN. ”Yang terpenting lagi, beri contoh yang baik kepada masyarakat ketika melaksanakan protokol kesehatan saat KKN di lokasi masing-masing,” pungkasnya. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww