Program Kampung Tangguh Nusantara Diluncukan di Kelurahan Agrowisata Rumbai Pekanbaru

Jum'at, 10 Juli 2020 16:03 WIB
Muhamad Maulana

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Program Kampung Tangguh Nusantara diluncurkan Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT, Kamis (9/7/2020). Peluncuran dilakukan di Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai,

Pada kesempatan itu, wali kota mengajak masyarakat khususnya di Kelurahan Agrowisata untuk menjadi masyarakat tangguh. Tangguh dalam menjaga keamanan lingkungan, kesehatan masyarakat, menjaga ketahanan pangan dan menggerakan masyarakat yang memiliki skill lewat pelatihan.

”Kita harus berupaya mewujudkan ketangguhan ini. Untuk itu harus ada kerja sama semua pihak," kata kepala daerah Ibu Kota Provinsi Riau ini.

Dalam upaya mewujudkan ketangguhan lingkungan, wali kota juga mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan dalam menjaga keamanan bersama aparat berwenang.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/08092020/potretnewscom_pqwdh_1944.jpgWali Kota Pekanbaru Firdaus menebar ribuan bibit ikan saat peluncuran Program Kampung Tangguh Nusantara di Kelurahan Agrowisata, Kecamatan Rumbai, Kamis (9/7/2020)/ISTIMEWA

Dia pun mendorong masyarakat bisa bersama menjaga kebersihan lingkungan agar masyarakat sehat. Wali kota juga mengajak masyarakat agar berkomitmen menjaga kesehatan. Satu caranya dengan menjadikan kawasan itu bebas rokok.

Sedangkan untuk ketahanan pangan masyarakat punya kesempatan besar mengelola pertanian. Mereka bisa menanam tanaman jenis hortikultura. Masyarakat pun mengolah hasil pertanian menjadi produk lain seperti tepung mocaf. Tepung ini bisa dijadikan sebagai bahan kue.

”Kemudian ada juga budi daya ikan patin. Mereka tidak cuma menawarkan ikan segar. Mereka juga bisa membuat produk olahan ikan,” ujarnya. Terlihat hadir pada peluncuran Kampung Tangguh Nusantara tersebut unsur forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda) dan sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah kota. ***

wwwwww