Home > Berita > Umum

Masuki New Normal, Mahasiswa KKN Unri Sosialisasi ”Kasuari” kepada Warga Kelurahan Maharatu Pekanbaru

Masuki <i>New Normal</i>, Mahasiswa KKN Unri Sosialisasi ”Kasuari” kepada Warga Kelurahan Maharatu Pekanbaru

Mahasiswa KKN Unri foto bersama sebelum mendistribusikan sabun antiseptik kepada warga/ISTIMEWA.

Jum'at, 10 Juli 2020 19:25 WIB
Muhamad Maulana

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Beragam elemen terus berupaya melakukan pencegahan penyebaran virus corona atau Covid-19 dalam menjalani tatatan new normal di Kota Pekanbaru dengan cara mendistribusikan sabun cuci tangan.

Salah satu entitas yang memiliki kepedulian untuk mencegah dan menangani penyeraban virus mematikan demi memutus rantai penyebarannya yaitu Universitas Riau (Unri).

Melalui mahasiswa yang tergabung sebagai Tim Satgas Lawan Covid-19 sebagai kegiatan kuliah kerja nyata (KKN), kampus ini melakukan aksi sosial berupa pembagian sabun pencuci tangan antiseptik disertai bantuan sembako kepada masyarakat Kelurahan Maharatu.

Tidak sekadar itu, pada kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis (11/6/2020) lalu, mahasiswa juga memberikan panduan mencuci tangan yang benar serta sosialisasi new normal.

Lurah Maharatu, Joko Arif Santoso SSTP dalam sambutannya saat itu mengatakan, meskipun kini Indonesia telah memasuki fase new normal, namun semua pihak kita tetap harus menjaga kebersihan diri kita dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan rajin mencuci tangan.

Sementara itu, perwakilan mahasiswa KKN, Siti Rojanah dalam keterangannya kemarin mengatakan, pembagian sabun pencuci tangan bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat bahwa sebenarnya penyebaran Covid-19 dapat dikendalikan dari diri sendiri, yang dalam istilah mereka disingkat Kasuari (kesadaran untuk diri sendiri), dan salah satunya rajin mencuci tangan dengan cara yang benar.

Menurut dia, melindungi diri sendiri sama artinya dengan melindungi keluarga dan orang lain. Untuk itu, dia mengajak saling menjaga dan melindungi orang-orang di sekitar dengancara rajin mencuci tangan dengan sabun dan mematuhi aturan protokol kesehatan.

Dijelaskan juga oleh dia, sabun yang dibagikan merupakan sabun antiseptik herbal yang dibuat sendiri oleh tim KKN Kelurahan Maharatu. Sabun antiseptik tersebut berbahan dasar daun sirih, dimana daun sirih sendiri bersifat antiseptik dan antibakteri.

”Jika ada bahan alami disekitar kita mengapa tidak dimanfaatkan. Sehat tidak harus mahal, manfaatkan alam sekitar untuk kesehatan bersama,” tuturnya.

Selain membagikan sabun pencuci tangan antiseptik, tim KKN Kelurahan Maharatu juga melakukan bakti sosial dengan memberikan bantuan sembako untuk Panti Husnulkhatimah (panti jompo) yang berada di Jalan Kaharudin Nasution, Kelurahan Maharatu, Kecamatan Marpoyandamai.

Pemberian bantuan sebagai bentuk kepedulian sosial antarsesama sekaligus untuk menumbuhkan suasana kehangatan keluargaan yang mungkin telah lama tidak didapatkan oleh para lansia terlebih di masa pendemi Covid-19. ***

Kategori : Umum
wwwwww