Demi Tanamkan Minat Baca Warga, Dispersip Bengkalis Pinjamkan Buku ke Perpustakaan Desa

Demi Tanamkan Minat Baca Warga, Dispersip Bengkalis Pinjamkan Buku ke Perpustakaan Desa

Kolase Kepala Dispersip Bengkalis Suwarto dan kantor OPD yang dipimpinnya.

Selasa, 30 Juni 2020 19:06 WIB
Junaidi

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Bengkalis terus berinovasi dalam menanamkan minat baca masyarakat di kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan.

Bentuk inovasi yang telah dilakukan oleh dinas yang dipimpin oleh H Suwarto ini adalah peminjaman buku bacaan dalam jangka waktu tertentu ke perpustakaan desa, perpustakaan organisasi perangkat daerah dan terakhir pada Rabu (10/6/2020) kemarin ke Kejaksaan Negeri junjungan.

”Kita tidak bisa menghibahkan (buku, red) tapi kami bisa meminjamkan misalnya dalam jangka waktu tiga bulan atau enam bulan, kemudian kita tarik lagi. Dan ketika kita tarik sedangkan mereka masih membutuhkan lagi maka kita perpanjang artinya dalam hal ini bagaimana kita meningkatkan minat baca masyarakat dengan pola penyebaran informasi buku ini ke berbagai titik," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis, H Suwarto kepada potretnews.com, Jumat (26/6/2020).

Dia mengatakan, buku ini kalau diletakkan di satu tempat (Dispersip) saja maka informasi itu tidak akan menyebar luas. Melalui pola peminjaman buku tadi akhirnya jumlah pengunjung kita terjadi peningkatan yang signifikan.

Diakui H Suwarto, meskipun stok buku di Dispersip berkurang, tapi yang pasti bakal berputar terus. Karena kalau hanya duduk menunggu orang datang berkunjung ke perpustakaan Dispersib ini maka tidak ada improvisasi, tidak ada inovasi, tidak ada pembaruan, tidak ada transformasi untuk sebuah perubahan.

Menurut dia, kemungkinan tahun ini Perpustakaan Nasional tepatnya pada Oktober nanti akan memberikan bantuan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Inovasi juga dilakukan Dispersip adalah dengan program ”Bengkalis Membaca Online” yang tayang setiap hari Kamis pukul 09.00 WIB. Program ini dilakukan secara live streaming melalui Instagram "Bengkalisku" dan Facebook "Perpustakaan Bengkalis" yang penontonnya mencapai 700 hingga 800-an orang.

Narasumbernya pula secara bergantian dari berbagai kalangan, termasuk Kepala Kejari Bengkalis, Nanik Kushartanti, SH, MH yang membacakan novel Ketika Cinta Bertasbih.

”Kemarin Ibuk Kajari berbaik hati memberikan reward yaitu lima power bank kepada penonton yang mampu menjawab pertanyaan. Sebelumnya, ada narasumber Ibuk Deliza Aziz Kepala SMPN 7, ada Pak Marzuli (Marzuli Ridwan AlBantany, sastrawan), ada Edot. Kita mencari tokoh-tokoh yang bersedia menjadi bintang tamu kita di program yang dikerjakan empat orang tim ini,” ujarnya.

Walaupun dalam situasi Covid-19, imbuh dia, program dan aktivitas kita tetap berjalan tujuannya supaya orang membaca dengan mengambil waktu mereka selaku pemirsa selama satu jam untuk fokus membaca. ***

wwwwww