PotretNews.com Kamis 06 Agustus 2020
Home >  Berita >  Umum

Mau Tahu Cara Perbaiki Kesalahan Penulisan Identitas di SIM?

Mau Tahu Cara Perbaiki Kesalahan Penulisan Identitas di SIM?

Ilustrasi/TRIBUNNEWS.com

Minggu, 28 Juni 2020 15:22 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Surat izin mengemudi (SIM) mutlak dimiliki setiap pengendara. Hal itu sudah diatur dalam undang-undang yang berlaku.

Pemegang SIM juga telah memenuhi syarat tertentu seperti persyaratan usia, administratif, kesehatan dan lulus ujian teori maupun praktik.

Pada dasarnya di dalam SIM itu sendiri terdapat indentitas nama pemilik, baik di SIM A maupun SIM C. Namun bagaimana jadinya jika ada kesalahan penulisan identitas di SIM seperti nama alamat?

Kanit SIM Polres Metro Bekasi Kota AKP Rabiin mengatakan, bagi pemilik SIM yang identitasnya ada kesalahan penulisan agar segera melapor.

”Untuk memperbaikinya bisa membawa KTP dan nanti akan disesuaikan kembali. Untuk itu segara melapor jika ada kesalahan. Sementara terkait biaya tidak ada biaya PNBP lagi," kata Rabiin, Ahad (28/6/2020), seperti dilansir GridOto.com.

Rabiin mengaku, jika identitas tersebut tidak segera diperbaiki biasanya akan sulit terlacak pada database.

”SIM berfungsi sebagai registrasi pengemudi kendaraan bermotor yang memuat keterangan identitas pengemudi. Sementara data pada registrasi pengemudi dapat digunakan untuk mendukung kegiatan penyelidikan, penyidikan, dan identifikasi forensik kepolisian,” pungkasnya. ***

Editor:
Akham Sophian

       
        Loading...    
           
Kategori : Umum
Loading...
www www