Home > Berita > Umum

Mahasiswi Ini Naik ke Atap Rumah dan Rela Duduk Berjam-jam demi Dapatkan Sinyal untuk Kuliah Online

Mahasiswi Ini Naik ke Atap Rumah dan Rela Duduk Berjam-jam demi Dapatkan Sinyal untuk Kuliah <i>Online</i>

Namitha Narayanan duduk di atap rumahnya untuk mengikuti kelas online/VIA KOMPAS.com

Minggu, 28 Juni 2020 17:08 WIB

POTRETNEWS.com — Perjuangan mahasiswi ini agar tetap bisa mengikuti kuliah patut diacungi jempol. Selama berjam-jam Namitha Narayanan duduk di atap rumahnya untuk mengikuti kelas online.

Padatnya materi perkuliahan, ia bahkan hampir tidak sadar bahwa orang-orang memperhatikannya dengan rasa ingin tahu.

Dia biasa menggunakan payung saat berada di atap rumah, selain untuk mengurangi panasnya terik matahari, juga untuk melindunginya dari hujan.

Namitha mendapati atap rumahnya di Areekkal, dekat Kottakkal, satu-satunya tempat yang mendapat kekuatan sinyal internet cukup baik. ”Kami mencoba semua tempat di rumah saya, termasuk beranda dan atap, dan akhirnya saya mendapatkan kekuatan sinyal yang cukup bagus di bagian atas rumah dua lantai kami,” kata dia.

Dikutip dari kompas.com yang melansir The Hindu, Namitha Narayanan adalah seorang mahasiswa jurusan Bahasa Inggris dari KMCT Arts and Science College, Kuttippuram, India.

Untuk menunjang perkualiahan onlinenya, mahasiswa semester lima ini mengaku telah mencoba berbagai provider jaringan seluler. Namun, tidak ada yang memiliki sinyal kuat di rumahnya, hal ini membuatnya kesulitan untuk menghadiri sesi online perkuliahan.

Ayahnya, K.C. Narayanan Kutty, seorang karyawan di Kottakkal Arya Vaidya Sala, dan ibunya, M. Jeeja, seorang guru di Sekolah GMLP, Malappuram, memberikan dukungan ketika Namitha menghadiri kelas online dari atap rumah.

Mereka tidak keberatan ketika Namitha tidak sengaja memecahkan beberapa genting. Mereka juga menyiapkan tangga besi untuk memudahkannya memanjat atap dari teras lantai pertama.

”Hujan bukan masalah, tapi guntur dan kilat membuat saya khawatir. Seperti saya, ada banyak siswa tanpa konektivitas yang baik. Beberapa dari mereka mencoba berbagai alternatif,” kata Namitha.

Kakak perempuannya, Nayana, yang merupakan siswa tahun keempat BAMS di Vaidyaratnam P. Varier Ayurveda College, Kottakkal, juga menghadapi masalah serupa.

”Saya juga harus menemukan lokasi yang tepat untuk mendapat konektivitas yang baik,” imbuh dia. Ayah Namitha mengatakan bahwa mereka telah menghubungi beberapa operator data untuk mendukung studi anak-anaknya. Tetapi kurangnya ketersediaan kabel data membuat mereka kesulitan mendapat layanan data yang lebih baik.

Melansir OnManorama, Namitha menyebut bahwa sebenarnya ini bukanlah kali pertama dia naik ke atap rumah. Meskipun ia mengakui bahwa ini merupakan yang pertama baginya untuk mengikuti perkuliahan dari atap rumahnya.

”Kakak perempuanku, Nayana, memotretku saat sedang berada di atap dan menjadikannya status WhatsApp. Foto ini kemudian viral dan bahkan masuk berita,” tutur Namitha.

Setelah foto itu viral, beberapa penyedia layanan menawarkan bantuan dan konektivitas berkecepatan tinggi. Kini Namitha mendapat bantuan internet berkecepatan tinggi gratis selama tiga bulan. Para teknisi juga memastikan bahwa ponsel yang digunakan Namitha untuk perkuliahan bisa menerima sinyal dengan baik. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum
wwwwww