Penerimaan Mahasiswa Baru Unilak Menerapkan Protokol Kesehatan

Penerimaan Mahasiswa Baru Unilak Menerapkan Protokol Kesehatan

Panitia PMB Unilak melayani calon mahasiswa dengan menerapkan protokol kesehatan/ISTIMEWA

Jum'at, 26 Juni 2020 14:40 WIB
A Roni

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Dalam upaya memberikan layanan maksimal dan aman dalam pencegahan penyebaran virus corona, Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru menerapkan layanan penerimaan mahasiswa baru (PMB) sesuai standar pencegahan virus corona atau Covid-19.

Layanan PMB dapat diakses secara online. Selain itu, masyarakat/calon mahasiswa bisa langsung datang ke Unilak. Tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan, seperti wajib memakai masker selama berada di kampus.

Layanan PMB Unilak ada di lantai dua gedung rektorat. Setiap calon mahasiswa/masyarakat yang akan masuk ke gedung rektorat harus melalui pemeriksaan. Akses masuk ke layanan PMB dimulai dari lobi gedung rektorat di lantai satu.

Sebelum naik ke lantai dua, di lantai satu calon mahasiswa wajib mencuci tangan. Di area ini tersedia keran air, sabun dan tisu. Setelah itu petugas akan mengecek suhu tubuh dengan termometer Thermogan. Jika suhu tubuh panas, maka tidak diperbolehkan naik ke lantai dua (layanan PMB).

Ruang layanan PMB berada di sebelah ruang BAAK, ruang khusus yang baru ini luasnya 5-8 meter. Sebanyak 3 meja antrean disiapkan dengan jarak masing-masing dua meter. Kemudian ada 1 meja untuk layanan pendaftaran PMB. Kursi-kursi juga disusun berjarak dan di meja pendaftaran tersedia hand sanitizer. Petugas tampak menggunakan face shield, masker, dan sarung tangan.

”Layanan PMB Unilak berlangsung setiap hari. Senin hingga Jumat dari jam 8 pagi sampai 4 sore. Sedangkan khusus Sabtu pelayanan dibuka dari jam 8 pagi hingga jam 3 sore. Penerapan SOP protokol kesehatan dilakukan untuk memberi rasa aman bagi masyarakat,” ujar Wenti Sasrapita Abiyus SKom saat ditemui potretnews.com di ruang PMB, Jumat (26/6/2020).

Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum, Jumat siang mengatakan, usai Lebaran seluruh perangkat di kampus yang dipimpinnya telah kembali bekerja dengan menerapkan SOP pencegahan penyebaran virus corona. Sedangkan untuk perkuliahan tetap dilakukan secara daring/online.

Dia menyebut, saat ini di seluruh unit baik di rektorat hingga fakultas pegawai wajib memakai masker, ada hand sanitizer dan keran tempat mencuci tangan.

”Untuk layanan PMB, kita sangat disiplin dan sesuai prosedur. Ini dilakukan agar calon mahasiswa atau masyarakat mendapatkan haknya untuk aman, dan tidak khawatir saat mendaftar ke Unilak,” pungkas rektor, sembari menyebut pendaftaran akan berlangsung hingga bulan Agustus. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww