Plh Bupati Bengkalis Lapor ke Pemprov Riau Telah Bentuk TPAKD

Plh Bupati Bengkalis Lapor ke Pemprov Riau Telah Bentuk TPAKD

Plh Bupati Bengkalis H Bustami HY mengikuti Rapat Pleno I TPAKD Provinsi Riau, di ruang Hang Jebat Kantor Bupati Bengkalis, Selasa, (23/6/2020).

Selasa, 23 Juni 2020 19:37 WIB

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Pelaksana Tugas Harian (Plh) Bupati Bengkalis H Bustami HY mengikuti Rapat Pleno I Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Riau pada pandemi Covid-19 bersama Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau H Yan Prana Jaya dan Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Riau Yusri.

Rapat dilaksanakan secara telekonferensi di ruang Hang Jebat Kantor Bupati Bengkalis, Selasa, (23/6/2020). Yan Prana Jaya menyampaikan bahwa penyaluran kredit klaster khusus kepada UMKM atau masyarakat terutama untuk komoditi yang memiliki potensi ekonomi yang tinggi bagi masyarakat.

Usulan kredit klaster di Provinsi Riau berupa klaster kelapa dan sagu. ”Walau bagaimanapun kondisi saat ini, keuangan harus stabil dan tetap dalam keadaan aman sehingga masyarakat pun menjadi aman jika melakukan transaksi usaha ekonomi yang memang bagian dari new normal ini,” ungkap Sekda Provinsi Riau, Yan Prana Jaya.

Kemudian, H Bustami HY mengatakan Kabupaten Bengkalis sudah membentuk TPAKD pada tahun 2019. Kabupaten Bengkalis juga telah menyusun program kerja TPAKD tahun 2019 sampai 2020 dan telah melaksanankan dua kali rapat pleno.

”Kami melaporkan juga dalam kesempatan ini bahwa menindaklanjuti program kerja tersebut, kita telah melaksanakan monitoring, evaluasi dan sosialisasi program kul di setiap kecamatan tentunya ini untuk program kerja pengembangan kul. Kemudian juga telah melakukan monitoring evaluasi dan sosialisasi untuk pendataan KUB Nelayan dan ternak sapi,” ungkap Bustami HY.

Dia menambahkan, Kabupaten Bengkalis juga telah membentuk desa inklusi, namun dikarenakan kondisi Covid-19 belum bisa diresmikan.

”Kita juga telah membentuk desa inklusi, namun dikarenakan kondisi Covid-19 kita belum bisa meresmikannya. Tentunya kami menunggu waktu yang tepat untuk peresmian desa inklusi tersebut,” imbuh Plh Bupati Bengkalis.

Tampak hadir dalam rapat tersebut, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Bengkalis H Heri Indra Putra, Kabag Perekonomian dan SDA Aulia Army Effendi, dan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkalis, Tarmizi. ***

wwwwww