Ada Atap Rumah Warga Kampar yang Jebol Diduga Kejatuhan Kursi Lontar Pesawat TNI AU

Ada Atap Rumah Warga Kampar yang Jebol Diduga Kejatuhan Kursi Lontar Pesawat TNI AU

Atap rumah di dekat pesawat tempur jatuh di Kampar, Riau/DETIKcom

Senin, 15 Juni 2020 11:24 WIB

KAMPAR, POTRETNEWS.com — Rumah salah seorang warga di dekat lokasi pesawat tempur milik TNI AU Hawk 200 yang terjatuh di Kampar, Riau, ada yang rusak. Atapnya terlihat jebol.

Berdasarkan keterangan saksi, atap rumah itu jebol karena kejatuhan kursi lontar pesawat tempur TNI AU yang jatuh.

Dikutip dari detikcom, di atap salah satu rumah warga yang tinggal di Perum Sialang Indah, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kampar, Senin (15/6/2020), terlihat ada lubang berukuran kira-kira 2 meter.

Selain itu, terlihat ada garis Polisi Militer di sekitar rumah. Personel TNI juga terlihat menjaga rumah itu. Lokasi rumah yang atapnya jebol itu berjarak lebih dekat dengan titik pesawat jatuh dibanding lokasi pilot mendarat dengan parasut.

Pilot sendiri dalam kondisi selamat dan sempat mendapat pertolongan dari warga. Sebelumnya, pesawat tempur milik TNI AU berjenis Hawk 200 TT 0209 itu berangkat dari Pekanbaru sebelum jatuh di Kampar. Pesawat tersebut sedang latihan.

”Itu pesawat dari Lanud Pekanbaru, latihan biasa, normal," kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) TNI AU Marsma Fajar Adriyanto saat dimintai konfirmasi detikcom, Senin (15/6/2020).

Pilot pesawat tersebut adalah Lettu Pnb Apriyanto Ismail. Dia pertama kali solo terbang pada 2018. Dilansir situs TNI Angkatan Udara (AU), diakses detikcom pada Senin (15/6/2020), Hawk 200 adalah pesawat buatan British Aerospace (BAE), Inggris.

Pesawat ini mulai bergabung dengan TNI AU sejak 1996. Spesifikasinya, pesawat ini bermesin Turbo Fan, 871 Adour twin-spool. Mesin turbofan rendah ini merupakan produk dari Rolls-Royce. Pesawat didesain untuk melaksanakan misi ”air to ground attack” atau penyerangan ke darat.

Pesawat ini mampu melesat 1,2 kali kecepatan suara, atau setara dengan 1.470 km/jam dengan membawa berbagai persenjataan. ***

Berita ini tekah tayang di detikcom

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Peristiwa, Kampar
wwwwww