8 Tahun Lalu Pesawat TNI AU Juga Jatuh di Kampar Riau

8 Tahun Lalu Pesawat TNI AU Juga Jatuh di Kampar Riau

Peswat tempur Hawk 200 yang jatuh di Kampar, Riau pada 2012 lalu/KOMPAS

Senin, 15 Juni 2020 11:15 WIB

KAMPAR, POTRETNEWS.com — Peristiwa jatuhnya pesawat tempur di Kabuaten Kampar Riau hari ini adalah kali kedua setelah kejadian pertama pada delapan tahun lampau alias tahun 2012 lalu.

Dikutip dari nusadaily.com, pesawat yang jatuh pada 2012 juga merupakan pesawat tempur jenis Hawk. Hanya tipenya berbeda. Pada 16 Oktober 2012 pesawat tempur yang jatuh jenis Hawk tipe 200 buatan British Aerospace Inggris milik TNI AU.

Pesawat itu jatuh di sekitar perumahan Pandau Permai, Kabupaten Kampar, Riau kira-kira pukul 09.30 WIB. Pada 2012 lalu, pesawat dipiloti oleh Letnan Dua Penerbang Reza Yori Prasetyo saat sedang melakukan latihan rutin.

Pilotnya sendiri berhasil selamat karena keluar menggunakan kursi lontar sebelum pesawat jatuh. Tidak ada korban jiwa pada warga karena pesawat saat itu jatuh di lahan kosong di tengah permukiman.

Sementara itu, Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo langsung menuju Kota Pekanbaru. Kapentak Lanud Roesmin Nurjadin, Letkol Sus Zukri dalam pernyataan pers Senin 15 Juni 2020 menyatakan Kasau sedang menuju Pekanbaru. Ia meminta kepada pers untuk menunggu agar informasi pesawat jatuh disampaikan lewat satu pintu.

”Mohon kepada awak media berkenan informasi satu pintu. Kasau akan datang ke Pekanbaru, mohon berkenan untuk keterangan nanti akan kita adakan door stop,” kata Zukri.

Seperti diketahui, sebuah pesawat TNI AU jatuh di daerah permukiman penduduk di Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, Senin pagi. Saksi mata mengatakan kejadian terjadi kira-kira pukul 08.30 WIB. ***

Berita ini tekah tayang di nusadaily.com

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Kampar, Peristiwa
wwwwww