Tiga Warganya Terjangkit Corona, Kuansing Bersiap Terapkan PSBB Lokal

Minggu, 14 Juni 2020 08:15 WIB
Kasmalinda
tiga-warganya-terjangkit-corona-kuansing-bersiap-terapkan-psbb-lokalSuasana rapat Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing yang langsung dipimpin Bupati Mursini.

TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com — Tiga warga salah satu kecamatan di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau yang sebelumnya berstatus orang dalam pemantauan (ODP), berdasarkan hasil uji swab dinyatakan positif Covid-19.

Petugas medis gerak cepat mengevakuasi ketiga orang tersebut yang tadinya melakukan isolasi mandiri di rumah untuk dipindahkan ke ruang isolasi khusus pasien Covid-19 di RSUD Telukkuantan.

BERITA TERKAIT:

* Zona Hijau di Riau Terpapar Corona, Kuantan Singingi Konfirmasi Kasus Pertama yang Jangkiti 3 Warga

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang dipimpin langsung oleh Bupati Kuansing Drs H Mursini bersama tim langsung mengambil langkah-langkah penanganan.

Pada Sabtu (13/6/2020), Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kuansing menggelar rapat yang dihadiri unsur forum koordinasi pimpinan daerah (forkopimda), kepala organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, Camat Singingi Hilir, Kepala Puskesmas Kotobaru, Kepala Puskesmas Sungaibuluh, Kades Sukamaju, Kades Beringinjaya beserta BPD, perangkat desa dan Karang Taruna.

Kesimpulan dari rapat itu, untuk mencegah penyebaran wilayah terjangkit, maka Kabupaten Kuansing akan melakukan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) lokal sesuai dengan regulasi dan petunjuk dari pemerintah pusat dan provinsi.

Dalam rapat tersebut, bupati juga meminta untuk mengaktifkan poskowas (posko pengawasan) di Desa Sukamaju dan membangun tiga poskowas baru sebagai pintu masuk dan keluar menuju Desa Sukamaju dan Desa Beringinjaya.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kuansing, Agusmandar mengatakan, wilayah di mana ditemukannya pasien tersebut yakni Pasar Desa Sukamaju mulai Minggu dan paling lambat Senin (14-15 Juni) harus menerapkan protokol kesehatan.

Dia juga meminta untuk dilakukan penyemprotan disinfektan di area publik Desa Sukamaju dan Beringinjaya serta melakukan tracing (pelacakan) terhadap orang yang pernah berkontak fisik dengan ketiga orang tersebut.

Kemudian kata Agusmandar lagi, Gugus Tugas juga memerintahkan Puskesmas Beringinjaya menutup pelayanan kesehatan sampai batas waktu yang tidak ditentukan. Bagi warga Desa Sukamaju dan Beringinjaya yang ingin berobat atau mendapatkan pelayanan kesehatan, dialihkan ke Puskesmas Sungaibuluh dan Puskesmas Kotobaru.

”Tim gugus tugas juga akan melakukan tes swab massal terhadap warga Desa Sukamaju dan Beringinjaya termasuk permukiman perusahaan yg ada di dalamnya," ujar Agus melalui keterangan tertulis, Sabtu malam. Hal tersebut dilakukan guna mencegah penularan atau penyebaran virus tersebut lebih jauh lagi. ***

DICARI CALON REPORTER

untuk wilayah:

1. Kota Pekanbaru
2. Kabupaten Siak
3. Kabupaten Indragiri Hulu
4. Kabupaten Kepulauan Meranti
5. Kota Medan

Peminat serius silakan kirim lamaran disertai fotokopi KTP
via email potretnewsmedia@gmail.com atau WA redaksi di nomor telepon 0813-6522-0021 (format PDF). ***

Kategori : Kuansing, Umum
wwwwww