Pemilih Pilkada Bersuhu di Atas 38 Derajat Celcius Dilarang Masuk TPS

Pemilih Pilkada Bersuhu di Atas 38 Derajat Celcius Dilarang Masuk TPS

Ilustrasi/MERDEKA

Sabtu, 06 Juni 2020 18:26 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com — Pemilih pada Pilkada 2020 yang bersuhu di atas 38 derajat Celsius dilarang masuk ke tempat pemungutan suara (TPS). Keputusan itu diambil Komisi Pemilihan Umum (KPU) bertujuan untuk mencegah masuknya virus Corona (Covid-19). ”Warga yang tercatat sebagai pemilih namun memiliki suhu tubuh di atas 38 derajat Celsius tidak diperbolehkan masuk ke area TPS dan diarahkan untuk memberikan suara di tempat khusus di luar TPS dengan didampingi oleh orang lain yang dipercaya oleh pemilih dan mengisi surat pernyataan menggunakan formulir C pemberitahuan KWK,” kata komisioner KPU Dewa Raka Sandi dalam uji publik rancangan PKPU, Sabtu (6/6/2020).

Dia menuturkan, jumlah pemilih di dalam pemilihan dalam kondisi bencana nonalam paling banyak 500 orang. Kemudian, jumlah pemilih di TPS tidak boleh lebih dari 12 orang.

”Pemilih di dalam lokasi TPS pada satu waktu paling banyak 12 pemilih yang diatur sesuai dengan protokol kesehatan," ucap Raka, seperti dilansir merdeka.com.

Kemudian, dia menjelaskan mengenai alat untuk memberikan suara. Nantinya pemilih menggunakan sarung tangan sekali pakai dan alat coblos yang disterilisasi.

”Kemudian pemberian suara menggunakan alat coblos yang telah disediakan berupa paku. Dalam menggunakan alat coblos, pemilih menggunakan sarung tangan sekali pakai. Sebelum digunakan oleh pemilih, alat coblos wajib disterilisasi dengan disinfektan oleh petugas KPPS,” pungkasnya. ***

Editor:
A Roni

Kategori : Politik
wwwwww