Home > Berita > Rohil

Rekayasa Lalu Lintas Kendaraan Antisipasi Covid-19 di Bagansiapiapi

Rekayasa Lalu Lintas Kendaraan Antisipasi Covid-19 di Bagansiapiapi

Pengendara yang berusaha memasuki Kota Bagansiapiapi, Selasa (26/5/2020)

Selasa, 26 Mei 2020 23:51 WIB
Akham Sophian

BAGANSIAPIAPI, POTRETNEWS.com — Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melakukan rekayasa arus lalu lintas (lalin) kendaraan di sejumlah titik keramaian massa sebagai upaya mengantisipasi penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19) di daerah itu khususnya Bagansiapiapi.

Hal itu dilakukan mengantisipasi tingginya animo masyarakat yang ingin berkunjung ke Kota Bagansiapiapi dan sekitarnya pada saat momen Hari Raya Idul Fitri 1441 H/2020.

Berdasarkan pantauan, petugas di lapangan yang terbagi dari beberapa unsur instansi seperti TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD, dan Dinas Kesehatan pada awalnya melihat perkembangan yaitu membludaknya para pengunjung yang memasuki Bagansiapiapi dan Jembatan Pedamaran, sementara kebanyakan dari mereka tersebut tidak mengikuti protokol kesehatan tentang Covid-19 seperti tidak memakai masker.

Menyiasati hal tersebut, petugas di Pos Pantau Pedamaran melakukan diskresi dan rekayasa lalin untuk mengurangi risiko dampak Covid-19 dengan membatasi ruang gerak masyarakat yang tidak memiliki kepentingan urgensi atau hanya sekadar berjalan-jalan, namun sebaliknya bagi masyarakat yang benar-benar memiliki keperluan dan bisa meyakinkan petugas tetap diperbolehkan lewat.

Kebijakan ini dilakukan untuk kebaikan semua masyarakat berdasarkan anjuran pemerintah, Maklumat Kapolri serta Imbauan WHO. Kendati Rohil masih kategori Zona Hijau namun selayaknya semua pihak tetap waspada. Karena Zona aman tersebut tak lepas dari kerja keras Gugus Tugas bersama lapisan masyarakat tentunya dan berkah dari Allah Swt.

Bupati Rohil H Suyatno yang melintas sekembalinya dari Kecamatan Bagansinembah dalam rangka penyerahan bantuan musibah kebakaran melihat antrean panjang di pos pemeriksaan Pedamaran pada Selasa (26/5/2020) sore.

Spontan orang nomor satu di Rohil tersebut langsung menginstruksikan kepada Gugus Tugas agar prosedur pemeriksaan oleh petugas di lapangan berjalan normal seperti biasa, yang diperketat hanya untuk masyarakat yang berasal dari luar daerah Rohil atau daerah pandemi.

”Kita hargai apa yang telah dilakukan oleh petugas di lapangan yang siang malam 24 jam bergantian bekerja keras demi masyarakat kita merasa nyaman, hanya Tuhan nanti yang membalas amal baik mereka, dan bagi masyarakat luas agar bisa memaklumi kondisi saat ini. Semuanya untuk kebaikan kita semua,” ucapnya, dalam keterangan tertulis yang diterima potretnews.com, Selasa malam.

Terpisah, Kadis Kominfo Hermanto SSos yang didampingi Kasubbag Dokpim Hasnul Yamin menambahkan, bahwa terkait isu pemerintah daerah ikut mengakomodir penjualan masker di sekitar pos pantau agar bisa lolos pemeriksaan oleh petugas sangat disesalkan.

Padahal menurut Hermanto, fakta di lapangan adalah Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir bersama forkopimda, perangkat kecamatan, organisasi serta komunitas masyarakat lainnya telah membagikan puluhan ribu masker ke tiap-tiap kecamatan, serta memberikan imbauan sampai ke tingkat kepenghuluan (desa) tentang pentingnya pengamanan diri di masa pandemi.

”Diharapkan kepada masyarakat agar tidak menganggap enteng Covid-19 dan tetap waspada, namun tidak panik. Apalagi pemerintah pusat sudah mewacanakan tentang New Normal. Bila protokol kesehatan kita patuhi bersama, maka kita bisa melawan corona,” pungkasnya. ***

Kategori : Rohil, Pemerintahan
wwwwww