Pimpinan DPRD Bengkalis Desak Pemkab Percepat Penyaluran Bantuan Dampak Covid-19

Pimpinan DPRD Bengkalis Desak Pemkab Percepat Penyaluran Bantuan Dampak Covid-19

Ketua DPRD bersama Jajaran saat melakukan konferensi video, Senin (4/5/2020) kemarin.

Rabu, 06 Mei 2020 08:22 WIB
Muhammad Syahlizan

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis, Riau, H Khairul Umam melakukan rapat melalui konferensi video bersama unsur pimpinan dewan membahas langkah lanjutan DPRD terkait terkonfirmasinya kasus positif Covid-19 di Kabupaten Bengkalis, Senin (4/5/2020) kemarin.

Rapat yang dilakukan di Ruang Humas DPRD tersebut untuk menentukan langkah-langkah yang perlu diambil berupa persiapan Kabupaten Bengkalis yang kemungkinan akan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dan persiapan lainnya khususnya menyiapkan anggaran penanganan Covid-19.

Dalam konferensi video tersebut, pimpinan DPRD ingin pemerintah daerah lebih cepat melakukan upaya-upaya penanganan Covid-19 ini sebab dari pantauan lapangan keterlambatan penanganan oleh Gugus Tugas dan penyaluran bantuan kepada masyarakat cukup mengkhawatirkan di tengah kondisi sekarang ini.

Wakil Ketua Syahrial menyampaikan berkaitan dengan PSBB yang kemungkinan besar akan diterapkan di Kabupaten Bengkalis, DPRD harus mengusulkan anggaran Bansos untuk masyarakat yang terdampak PSBB ini diluar penerima PKH maupun BLT, seperti pedagang-pedagang.

”Perlu juga ada gerakan donasi dari ASN untuk memberikan bantuan kepada masyarakat termasuk juga dari perusahaan-perusahaan yang ada di Kabupaten Bengkalis. Perusahaan harus didorong agar memberikan bantuan melalui dana CSR," ujar Syahrial.

Sebagaimana diketahui, PSBB ini akan berpengaruh pada kebutuhan ekonomi masyarakat. Oleh sebab itu, pimpinan DPRD meminta agar anggaran yang dibutuhkan dipersiapkan terlebih dulu supaya penyaluran dapat dilakukan dan tidak terhambat.

Pemerintah kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini dapat segera memberikan bantuan kepada pihak medis dan masyarakat yang menerima imbas dari wabah Covid-19 ini karena kondisi lapangan yang sudah sangat merisaukan.

”Pansus juga dinilai perlu untuk dibentuk agar pengawasan terhadap penyaluran bantuan Covid-19 dapat lebih terfokus dan terkendali,” ujar Wakil Ketua Kaderismanto.

Dalam hal bantuan, fraksi-fraksi DPRD sudah terlebih dahulu menyalurkan bantuan kepada masyarakat sebagai bentuk kepeduliannya di daerah pemilihan (dapil) masing-masing berupa beberapa jenis bahan makanan pokok, masker, hand sanitizer, disinfektan dan lain sebagainya.

Bentuk cepat tanggap dari fraksi DPRD ini sebagai langkah membantu pemerintah dalam menangani dampak yang dirasakan masyarakat Kabupaten Bengkalis.

Hadir dalam rapat, Sekretaris DPRD H Radius Akima, Kabag Humas dan Protokoler Erry Ibrahim, Kabag Umum Samiran, Kabag Persidangan Firdaus, dan Kabag Keuangan Akmal. ***

wwwwww