Ini Saran Anggota DPRD Kuansing ke Pemkab untuk Ringankan Beban Masyarakat Terdampak Covid-19

Selasa, 05 Mei 2020 08:05 WIB
ini-saran-anggota-dprd-kuansing-ke-pemkab-untuk-ringankan-beban-masyarakat-terdampak-covid19Anggota DPRD Kabupaten Kuantan Singingi dari PPP Drs H Darmizar dalam sebuah kegiatan, beberapa waktu lalu.

TELUKKUANTAN, POTRETNEWS.com — Pandemi virus coronavirus desease 2019 atau Covid-19 tidak hanya merenggut banyak nyawa manusia di lebih dari 200 negara di dunia, tetapi juga meluluhlantakkan sektor perekonomian.

Di Indonesia, pemerintah pusat seketika mengimbau rakyatnya untuk berada di rumah saja dan menjaga jarak fisik demi mencegah penyebaran virus mematikan asal Wuhan, China itu.

Imbauan agar di rumah saja, membuat kalangan yang bekerja sebagai buruh harian menjadi kalang kabut. Mereka bingung tak keruan memikirkan bagaimana memenuhi kebutuhan sehari-hari sementara tempat mereka bekerja, ditutup untuk sementara.

Politisi senior sekaligus Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) Drs H Darmizar dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) tak menginginkan ada satu warga pun di wilayah itu yang kelaparan selama masa pandemi corona.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/05052020/potretnewscom_ycwyc_1826.jpgKantor DPRD Kabupaten Kuantan Singingi di Telukkuantan diabadikan dari atas/ISTIMEWA

”Jangan sampai ada kasus warga Kabupaten Kuantan Singingi kelaparan karena menjalankan imbauan di rumah saja. Oleh sebab itu, perlu penanganan pencegahan yang terukur,” katanya dalam perbincangan khusus dengan potretnews.com, belum lama ini.

Secara khusus, Darmizar meminta pemerintah pemerintah setempat, lebih intens dalam memberikan perhatiannya kepada warga kurang mampu yang saat ini kesusahan akibat terdampak penyebaran pandemi virus corona.

”Dampak yang ditimbulkan dari penyebaran Covid-19 ini sangat dirasakan bagi kalangan ekonomi menengah ke bawah,” tuturnya.

Menurut Darmizar, pandemi Covid-19 ini membuat pendapatan keluarga menjadi berkurang, dikarenakan adanya pembatasan aktivitas kerja di luar rumah. Untuk itulah perlu perhatian intens yang harus diberikan oleh Pemkab Kuansing kepada masyarakatnya yang terdampak Covid-19.

Legislator Kuansing itu mengatakan adapun bentuk perhatian yang dapat dilakukan pemkab yakni menyalurkan bantuan baik itu berupa bahan pangan, sehingga langkah tersebut dapat mengurangi beban hidup masyarakat kecil yang hanya bergantung pada tingkat pendapatan yang sangat pas-pasan.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/05052020/potretnewscom_mgs8e_1828.jpgAnggota DPRD Kabupaten Kuantan Singingi dari PPP Drs H Darmizar/ISTIMEWA.

”Pandemi Covid-19 ini membuat jalannya aktivitas ekonomi masyarakat menjadi terhambat dan terganggu. Otomatis dari segi pendapatan menjadi berkurang. Sementara pemenuhan kebutuhan tetap harus tersedia, baik itu sembako, pangan dan lainnya,” papar Darmizar.

Politisi yang telah menjadi anggota dewan sejak pemilu 2009 itu menambahkan, saat ini baik itu pemerintah ataupun masyarakat semuanya harus saling bekerja sama, tujuannya hanya satu yakni memutus mata rantai penyebaran Covid-19 tersebut.

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/05052020/potretnewscom_ctz6z_1827.jpgIlustrasi suasana Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kuantan Singingi/ISTIMEWA.

Selain itu, lanjut legislator yang lahir di Kopah Kecamatan Kuantan Tengah pada 53 tahun lalu, perlunya langkah antisipasi dampak secara cepat dengan harapan penyaluran bantuan bagi warga miskin dan kurang mampu segera tersalurkan dengan transparan dan tepat sasaran.

”Harus ada pendataan yang akurat terhadap penerima bantuan. Sehingga jenis bantuan yang dipersiapkan dapat disalurkan dengan tepat sasaran,” ujar pria yang akrab disapa Damri, itu.

Kepada masyarakat Kuantan Singingi dia berpesan agar selalu mematuhi aturan dan imbauan pemerintah dalam hal upaya pemutusan mata rantai Covid-19 di di daerah itu.

Karena menurut dia, yang paling berat sekarang adalah keresahan ekonomi. Yang menjadi kekhawatirannya masyarakat panik dalam menghadapi wabah ini. ”Salah satu solusi mengantisipasi kepanikan itu melalui pendistribusian yang diawali dengan pendataan penduduk yang harus benar-benar tepat. Sehingga yang dibantu tidak itu-itu saja,” tandasnya.

Pada bagian lain Darmizar berharap wabah virus corona segera lenyap dari muka bumi. Karena kalau tidak kunjung sirna, maka dampak ekonomi negara ini akan buruk dan tingkat kenyamanan di negara ini akan terancam. ***

wwwwww