Home > Berita > Riau

Riau dan 5 Provinsi Lain Akan Alami Kelangkaan Beras

Riau dan 5 Provinsi Lain Akan Alami Kelangkaan Beras

Ilustrasi. (KUMPARAN.com)

Senin, 04 Mei 2020 20:40 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, ada 6 provinsi yang akan mengalami kelangkaan atau defisit beras, salah satunya Riau.

Adapun 5 wilayah lain yakni; Provinsi Kalimantan Utara, Maluku, Bangka-Belitung, Kepulauan Riau, dan Maluku. Syahrul mengatakan defisit beras yang terjadi di daerah tersebut memiliki persoalan distribusi.

”Kita siap intervensi apa yang akan dilakukan,” urainya saat rapat virtual bersama Komisi IV DPR, Senin (4/5/2020), dilansir dari kumparan.com.

Pada rapat itu, Syahrul memaparkan, Kementerian Pertanian atau Kementan berencana mengoptimalkan produksi pertanian melalui lahan gambut. Hal tersebut dilakukan untuk mengatasi perkiraan defisit pangan.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengungkapkan, pihaknya akan menyulap lahan gambut seluas 400 ribu hektar menjadi lahan produksi pertanian, seperti beras dan bahan pangan lainnya.

”Namun kita akan menyiapkan 400 ribu hektar rawa gambut yang dipersiapkan,” katanya. Syahrul menambahkan, pihaknya akan mengajukan anggaran untuk pemanfaatan lahan gambut tersebut kepada Kemenkeu.

Sebab, upaya optimalisasi lahan ini telah dibahas dalam rapat terbatas bersama Presiden Jokowi beberapa waktu lalu. ”Ini belum ada anggarannya,” cetusnya.

Selain persiapan 400 ribu hektar lahan gambut, Syahrul juga merencanakan adanya lahan tambahan seluas 600 ribu lagi untuk cadangan pertanian.

”Esok hari ada rakor mengenai persiapan Kementan dalam mengantisipasi kekeringan yang ada, salah satu usulan 600.000 hektar tambahan, ini harus ada percepatan agar dapat menanggulangi permasalahan ini,” pungkasnya. ***

Editor:
Akham Sophian

DICARI CALON REPORTER

untuk wilayah:

1. Kabupaten Indragiri Hulu
2. Kabupaten Siak
3. Kota Pekanbaru
4. Duri, Kecamatan Mandau

Peminat serius silakan kirim lamaran disertai fotokopi KTP 
via email [email protected] atau WA redaksi di nomor telepon 0813-6522-0021 (format PDF). ***

Kategori : Riau, Umum
wwwwww