Polda Riau Gandeng Unilak Poduksi Cairan Antiseptik Pembersih Tangan Berbahan Standar WHO

Polda Riau Gandeng Unilak Poduksi Cairan Antiseptik Pembersih Tangan Berbahan Standar WHO

Suasana penyerahan alkohol bantuan dari Polda Riau ke Unilak.

Jum'at, 27 Maret 2020 08:17 WIB
Muhamad Maulana

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru berinisiatif meracik hand sanitizer (cairan antiseptik pembersih tangan) karena kebutuhan yang cukup banyak namun sulit ditemukan di pasaran.

Upaya itu mendapat perhatian dari Polda Riau dan ditindaklanjuti dengan memberikan 100 liter alkohol kepada Unilak untuk memproduksi hand sanitizer.

Alkohol tadi telah diserahkan pihak polda kepada tim dosen di Prodi Biologi FKIP Unilak pada Kamis(26/3/2020). Beberapa hari lalu, tim dosen dan mahasiswa Unilak berhasil menciptakan hand sanitizer dan memberikan secara gratis kepada TNI-Polriserta dan masyarakat dalam upaya pencegahan virus Corona di Pekanbaru.

Rektor Unilak Dr Junaidi SS MHum mengucapkan terima kasih kepada Polda Riau yang telah memberikan bantuan alkohol. Apalagi saat ini seiring merebaknya Covid-19 alkohol mulai langka di pasaran dan kalaupun ada harganya melonjak tajam naik.

”Bantuan 100 liter alkohol pemberian Polda Riau, sangat berharga saat merebaknya Covid-19. Alkohol ini akan kami olah bersama bahan-bahan lain menjadi hand sanitizer sesuai dengan standar WHO. Tak hanya itu, Unilak memiliki dosen sangat memahami pembuatan hand sanitizer. Setelah selesai proses pembuatan selama 72 jam, hand sanitizer akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat luas,” ujar rektor kepada potretnews.com Jumat (27/3) pagi.

Tiga yang lalu, kata Junaidi, Unilak juga sudah membagikan hand sanitizer ke mesjid, panti asuhan, dan masyarakat. Hal ini bentuk kepedulian kampus mencegah penyebaran Covid-19 Riau selain menyiapkan Relawan Edukasi Corona yang bertugas melakukan sosialisasi di media sosial maupun ke masyarakat.

Sementara itu, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi SIK SH MSi melalui Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto, mengatakan, bantuan 100 liter alkohol kepada Unilak dan Unri merupakan bentuk sinergisitas antara polisi dengan kampus untuk bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Hingga kini, tuturnya, Polda Riau sangat fokus bagaimana menyelamatkan warga Riau dari Covid-19.

”Nyawa manusia menjadi prioritas utama kita, di atas segala-galanya. Itu lebih penting dari lainnya dalam kondisi seperti sekarang,” tandas Sunarto.

Menurut dia, Polda Riau juga telah menyiapkan personel terlatih sesuai protokol penanganan virus Corona, termasuk dilengkapi -alat pendukung lainnya. Tim juga sedang menyemprot disinfektan di Kampar, setelah sehari sebelumnya di Pekanbaru. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww