Home > Berita > Riau

Anggaran Perjalanan Dinas OPD Pemprov Riau Dipangkas, Termasuk Dana ”Pelesir” DPRD ke Luar Negeri Rp14 Miliar

Anggaran Perjalanan Dinas OPD Pemprov Riau Dipangkas, Termasuk Dana ”Pelesir” DPRD ke Luar Negeri Rp14 Miliar

Ilustrasi. (INTERNET)

Selasa, 26 November 2019 18:52 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Imbas menyusutnya keuangan daerah, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau merasionalisasi anggaran perjalanan dinas seluruh organisasi perangkat daerah (OPD).

Selain mengurangi biaya ”jalan-jalan” di lingkungan pemprov, dana perjalanan dinas Aanggota DPRD Riau ke luar negeri yang mencapai Rp14 miliar juga akan dipangkas.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdapro) Riau, Yan Prana Jaya mengatakan, pengurangan perjalanan dinas pemprov dan DPRD, semata-mata karena kondisi keuangan sekarang ini yang tidak memungkinkan untuk memfasilitasi hal tersebut.

”Kita harap (semua) bisa memahami kondisi saat ini yang cukup berat. Sudah kita diskusikan dengan banggar dewan, untuk sama-sama menguranginya,” kata Yan Prana, Selasa (26/11/2019).

Pemangkasan sejumlah item itu, menurut Yan Prana, agar beban Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Pemprov Riau 2020 tidak besar.

”Sekarang kita fokus bagaimana APBD 2020 bisa segera disahkan. Apalagi tengat waktunya sampai 30 November 2019. Oleh karena itu, perlu pengertian dari semuanya dengan kondisi saat ini,” ucapnya lagi.

Berdasarkan catatan Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra) Riau, selama 2015-2018, Anggota DPRD Riau telah menghabiskan anggaran sebesar Rp49,1 miliar untuk ”pelesiran” atau jalan-jalan ke luar negeri. ***

Berita ini telah terbit di goriau.com dengan judul "Pemprov Kurangi Anggaran Perjalanan Dinas OPD, Dana 'Plesiran' DPRD Riau"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Riau, Pemerintahan
wwwwww