Home > Berita > Dumai

Setelah Empat Kali Ganti Metode Gagal Semua, Akhirnya Ditemukan Cara Cegah Longsor di Tol Pekanbaru-Dumai

Setelah Empat Kali Ganti Metode Gagal Semua, Akhirnya Ditemukan Cara Cegah Longsor di Tol Pekanbaru-Dumai

Tanah longsor di Malaysia tutup akses jalan tol dan kubur lima mobil. (ILUSTRASI/MNCTV)

Sabtu, 23 November 2019 15:52 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — PT Hutama Karya (Persero) melakukan penghijauan pada bidang terasering jalan tol Pekanbaru-Dumai dengan tanaman penutup tanah.

Penggunaan legume cover crop itu juga berfungsi mencegah erosi. Manajer Pelaksana Proyek Tol Pekanbaru-Dumai (Pekdum) Seksi 1 dan 2 Bambang Ismono mengatakan penggunaan tanaman penutup tanah diterapkan pada area terasering dengan ketinggian di atas 20 meter.

Terasering terbentuk dari hasil pematangan lahan untuk jalan tol hasil Hutama Karya membelah bukit di tiga seksi jalan tol. ”Kami pasang rumput gak mempan. Sudah ganti [metode] empat kali gagal semua. Akhirnya kami coba pake legume cover crop dan berhasil," ujarnya, Jumat (22/11/2019).

SIMAK

* Ditreskrimsus Polda Riau Mulai Selidiki Dugaan Pembengkakan Anggaran Publikasi DPRD Kota Pekanbaru Rp21,5 Miliar

Bambang menjelaskan, penggunaan legume cover crop membutuhkan jerami sebagai media tanam, jaring, dan milet atau pakan burung. Dia menyebut butuh waktu dua bulan agar tanaman penutup tanah bertumbuh.

Sejauh ini, menurut Bambang, hasilnya tidak mengecewakan. Dia mengatakan legume cover crop tahan terhadap cuaca panas. Oleh karena itu, dia yakin tanaman penutup tanah ini bisa diandalkan untuk mencegah erosi sekaligus penghijauan di jalan tol Pekdum.

Pembangunan jalan tol Pekdum terbilang menantang. Pasalnya, kontur lahan yang bergelombang membuat Hutama Karya tak cukup menggunakan metode timbunan tanah. Tim Jelajah Infrastruktur Sumatra menjumpai kontraktor memasang tiang pancang dengan ketinggian hingga lebih dari 20 meter. ***

Berita ini telah terbit di bisnis.com dengan judul "Begini Cara HK Cegah Longsor di Tol Pekanbaru-Dumai"

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Dumai, Pekanbaru, Umum
wwwwww