Naik Kelas, Unilak Masuk Kluster Utama Bidang Penelitian Kemenristek

Naik Kelas, Unilak Masuk Kluster Utama Bidang Penelitian Kemenristek

Gubernur Riau Syamsuar (kanan) berbincang dengan Rektor Unilak Junaidi saat berkunjung ke kampus itu, baru-baru ini.

Kamis, 21 November 2019 14:45 WIB
Muhammad Amin
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Menjelang akhir tahun 2019, Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru mendapat kabar gembira karena masuk kluster utama bidang penelitian Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN). Dalam surat bernomor B/850/E2.4/RS.04/2019 yang diteken Plt. Direktur Sistem Riset dan Pengembangan Ocky Karna Radjasa itu, Kemenristekdikti merilis klusterisasi dan pengelompokan perguruan tinggi berbasis penelitian tanggal 19 November lalu.

Ada 1977 perguruan tinggi di Indonesia yang masuk dalam pemeringkatan oleh Ristek Dikti dan Unilak masuk kluster utama, di urutan 153 se-Indonesia. Dari 1977 perguruan tinggi se Indonesia, Dikti membagi dalam 4 kluster yaitu, mandiri, utama, madya, dan binaan.

Rektor Universitas Lancang Kuning Dr Junaidi SS MHum memberikan apresiasi kinerja LPPM Unilak dan para dosen yang selama fokus melakukan penelitian. Menurut dia, prestasi ini membuktikan bahwa Unilak merupakan perguruan tinggi terdepan dalam menghasilkan inovasi dan solusi bagi Indonesia.

”Unilak siap bekerja sama dengan berbagai pihak untuk pengembangan riset seperti dengan perguruan tinggi, pemerintah daerah dan perusahaan swasta. Pengalaman Unilak dalam riset menjadi kekuatan utama Unilak dalam menjalankan pendidikan tinggi,” sebut rektor.

Kepala LPPM Unilak Ir Lativa Siswati MP mengatakan, saat ini Unilak sudah naik kelas bidang penelitian dari madya menjadi utama. Dia berharap ke depan bisa lebih baik dan dapat menuju unilak unggul 2030.

”Dengan ada peningkatan ini berarti kita harus bekerja lebih giat lagi demi Unilak Unggul,” ujar Lativa yang didampingi Sekretaris LPPM Alexander Yandra. ***

Kategori : Pekanbaru, Umum
wwwwww